7 Manfaat Olahraga Malam Hari Yang Baik Untuk Tubuh

Olahraga merupakan aktivitas yang dilakukan manusia dengan tujuan agar tubuh sehat dan bugar. Namun kesibukan bekerja setiap harinya mengakibatkan sebagian besar masyarakat tidak dapat melaksanakan olahraga yang lazim dilaksanakan di pagi hari, maka dari itu olahraga di malam hari solusinya, manfaat olahraga malam hari pun sangatlah baik untuk tubuh.

Guna mengganti waktu untuk melaksanakan aktivitas berolahraga nya banyak masyarakat terutama orang bekerja kantoran melaksanakan aktivitas berolahraga di malam hari. Jadi sangat dianjurkan bagi seseorang yang tidak memiliki waktu berolahraga di pagi hari untuk berolahraga di malam hari. Berikut dibawah ini manfaat olahraga malam hari yang baik untuk tubuh :

1. Mendapatkan Sesi Latihan Yang Lebih Baik

Banyaknya penggemar olahraga yang melakukan aktifitas olahraga di pagi hari, seringkali yang terjadi banyaknya antrian di tempat fasilitas olahraga, sehingga tidak jarang para penggemar olahraga ini harus bergantian menggunakan alat, contoh ditempat gym. Biasanya di malam hari tempat gym akan terasa agak sepi.

2. Melepas Stres

Setelah seharian di tempat kerja, mungkin dihadapkan pada keadaan yang tidak mengenakan di kantor atau keadaan yang membuat emosi. Olahraga malam banyak dilakukan para penggemar olahraga sebagai bentuk pelepasan segala penat, segala emosi dan ketidaknyamanan saat di kantor, sehingga kondisi kembali rileks setelah melakukan olahraga.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

 

Olahraga di malam hari selain bisa membuat tubuh lelah dan mengatur suhu tubuh menjadi stabil. Kondisi  tubuh yang lelah akan merangsang otak mengirim signal mengantuk sehingga akan cepat tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik maka seseorang pun akan bangun dengan segar di pagi harinya.

4. Metabolisme Yang Meningkat

Metabolisme tubuh  adalah proses dimana tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Dengan melakukan olahraga di malam hari di dapati metabolisme tubuh akan meningkat lebih cepat dibandingkan jika anda berolahraga di sore hari. Selain itu membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit karena polusi udara yang sedikit.

5. Lebih Sosial

Ketika di perhatikan lebih dalam sangat jarang sekali orang yang berolahraga di pagi hari berbincang atau berdiskusi satu sama lainnya. Hal yang sering terlihat adalah orang-orang tersebut terkesan sangat terburu-buru, apalagi bagi yang mempunyai jadwal kerja padat atau kegiatan lainnya di pagi hari.

Otomatis semua serba terbatas waktunya karena harus membagi waktu dengan aktivitas selanjutnya. Berbeda jika berolahraga di malam hari, suasananya akan terlihat lebih santai dan antara sesama penggemar  olahraga dapat berbincang-bincang  atau bahkan berdiskusi dan saling bertukar pengalaman.

6. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Pada suatu penelitian di sebuah jurnal yaitu Journal of Strength Conditioning Research mengatakan orang-orang yang berolahraga di malam hari atau yang dilatih pada malam hari dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Penurunan sebesar 15% lebih banyak daripada orang yang berolahraga di pagi hari atau berolahraga di sore hari. 

7. Tubuh Akan Lebih Siap Berolahraga

Guna mendorong pertumbuhan otot, diperlukan kadar testosteron yang lebih tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Perlu diketahui bahwa kadar testosteron yang lebih tinggi didapat pada malam hari. Itulah sebabnya olahraga di malam hari sangat dianjurkan karena manfaat olahraga malam hari sangatlah banyak.

Aktivitas berolahraga pada dasarnya memiliki manfaat yang baik, dengan memperhatikan batasan dan aturan dalam melakukan kegiatan tersebut agar mendapatkan hasil yang baik. Dengan uraian diatas mengenai manfaat berolahraga malam, apakah anda akan mencobanya? Sekian artikel tentang manfaat olahraga malam hari semoga bermanfaat.

(Visited 8 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply