Ketahui Manfaat Whatsapp Bisnis untuk Kelangsungan Usaha

Dalam menjalankan bisnis di era digital, seorang wirausaha harus aktif dan kolaboratif dengan memperhatikan pelayanan konsumen. Platform chatting seperti Whatsapp bisnis bisa jadi strategi alternatif yang sesuai dengan era sekarang. Ada banyak sekali manfaat Whatsapp bisnis yang dapat diambil.

Sekilas Tentang WhatsApp (WA) Bisnis

Whatsapp bisnis merupakan aplikasi yang dirancang dan ditujukan kepada pebisnis supaya lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan bisnis, diantaranya yaitu terdapat kolom deskripsi bisnis, kemampuan auto & fast respon, adanya verifikasi akun, mencatat statistik pesan diterima dan terkirim.

Selain itu, fitur yang ada di whatsapp messenger (seperti voice note, video call, broadcast dsb) juga dimiliki oleh whatsapp bisnis. Tampilan profil di whatsapp bisnis juga lebih banyak dibanding dengan whatsapp messenger. Beberapa tampilan yang membedakan yaitu simbol huruf B pada logo, ada kolom jam operasional, alamat email, peta lokasi, tautan medsos & situs web di Whatsapp bisnis.

5 Manfaat WhatsApp (WA) Bisnis

Platform yang dikembangkan oleh WhatsApp inc. kian populer saat ini, termasuk WA bisnis. Bahkan, hampir semua pelaku bisnis, khususnya bisnis online mengunduh aplikasi ini di gadget mereka.

Aplikasi WA Bisnis dengan segala fitur yang ada di dalamnya sangat berguna bagi pelaku usaha online. Diantara manfaat Whatsapp bisnis bagi wirausaha adalah sebagai berikut.

1. Cara Efektif Personal Brand dan Product Brand

Whatsapp bisnis bisa dijadikan media promosi yang potensial karena diantara sosial media yang lain (seperti facebook, instagram, & twitter), aplikasi whatsapp lebih sering dibuka oleh pengguna. Dari aplikasi ini, owner bisnis lebih gampang memberikan produk secara up to date kepada calon pelanggan.

Dari sisi personal brand, medsos bisa dibilang sebagai cerminan perilaku seseorang berdasarkan persepsi orang lain. Nah, membentuk personal brand yang baik di whatsapp akan membentuk karakter penjual di mata calon pembeli sehingga lebih tertarik pada usahanya.

2. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Whatsapp termasuk media komunikasi yang sangat personal. Proses interaksi dengan calon pembeli akan lebih santai dengan aplikasi whatsapp. Sebagai penjual, penggunaan whatsapp bisnis biasanya tidak melulu dijadikan media promosi produk, kadang juga dijadikan tempat berbagi keseharian dan personality.

Penjual yang sudah saling save nomer WA dengan pembeli akan lebih mudah melihat snap wa masing-masing. Sehingga dapat merasa lebih mengenal

3. Proses Organisir Pelanggan Sangat Mudah

Whatsapp bisnis menyediakan fitur label yang dapat memudahkan klasifikasi pelanggan. Hal ini guna membedakan pelanggan baru, pelanggan lama orderan baru, pembayaran yang telah selesai, maupun pembayaran yang belum selesai. 

4. Data Statistik Mudah Dipahami

Manfaat whatsapp bisnis yang lain adalah tampilan data yang simpel, jelas dan mudah dibaca. Data ini mencakup persentase pesan terkirim, persentase pesan diterima, dan persentase pesan dibaca. Pesan diterima dan pesan terkirim disajikan dengan data yang bisa dipahami siapa saja.

5. Otomatisasi Balasan Lebih Efektif

Jangan buat calon konsumen menunggu! Kalimat itu sering dipakai oleh para wirausaha. Bahkan, ada menyebut bahwa pembeli adalah raja. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pelayanan menjadi bagian paling penting.

Whatsapp bisnis memiliki fitur auto respon dengan cepat. Kelebihan fitur ini adalah membalas pesan dari calon konsumen dengan efisien. Dengan adanya fitur ini, menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan mampu memberi pelayanan yang baik.

Nah, itulah beberapa manfaat whatsapp bisnis yang bisa diperoleh pelaku usaha. Dengan bantuan platform digital, seperti whatsapp bisnis diharapkan dapat membantu meningkatkan usaha dan jumlah laba. Semoga artikel tentang manfaat WA bisnis ini dapat dijadikan bahan referensi sekaligus memberikan informasi yang bermanfaat.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply