Tahukah Anda tentang mata uang crypto?, guna apakah mata uang crypto ini?, bagaimana cara penggunaan mata yang crypto?. Hingga kini masih banyak orang-orang yang belum mengetahui tentang cryptocurrency ini, yaa cryptocurrency merupkan nama lain dari mata uang crypto. Mata uang crypto merupakan jenis alat tukar tambah atau jual beli dalam bentuk digital seperti sama halnya dengan rupiah. Hanya berbeda bentuk.

Bukan sembarang mata uang, mata uang crypto sangatlah aman untuk segala macam transaksi keuangan. Hal seperti demikian ini karena mata uang crypto yang menggunakan kriptografi. Mata uang crypto dan kriptografi sangat berbeda jauh makna hanya saja keduanya memiliki korelasi yang sangat kuat.

Mata Uang Crypto Terpopuler

Jika anda tertarik untuk melakukan jual beli crypto, setidaknya kalian harus mengetahui beberapa aset crypto yang ada. Saat ini jenis mata uang crypto mencapai 10.000 jenis yang diperdagangkan. Namun di Indonesia sudah ada 229 aset crypto yang sudah terdaftar di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Setiap aset crypto mempunyai karakteristik yang khas, misalnya saja seperti:

1. Bitcoin

Bitcoin atau BTC merupakan mata uang crypto yang memiliki valuasi pasar terbesar di dunia. Saat ini total valuasi pasat BTC mencapai USD 671,78 miliar atau dalam rupiah sekitar Rp. 9.673,63 triliun dalam kurs Rp 14.400,

2. Ethereum

Sebenarnya Ethereum atau yang biasa disebut dengan ETH adalah software yang berbasis jaringan blockchain yang bisa diakses secara bebas/open source. Software tersebut memiliki jaringan blockchain yang disebut ether.

Saat ini ETH merupakan salah satu mata uang digital dengan kapitalisasi terbesar kedua setelah BTC, yakni sekitar USD 261,58 miliar. Kapitalisasi tersebut berkisar sebesar 16,83 % dari keseluruhan valuasi pasar crypto.

3. BNB

BNB atau Binance Coin merupakan mata uang crypto terbesar ketiga dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 52,69 miliar. Binance Exchange merupakan platform perdagangan aset crupto terbesar jika dilihat dari volume perdagangan yang dilakukan.

4. Cardano

Posisi selanjutnya ada Cardano atau yang biasa disebut dengan ADA. Baru-baru ini koin ini memiliki kabar baik, yakni akan diluncurkan smart contract. Dengan adanya berita tersebut tentu membuat harga cardano meroket dengan cepat. Pada tanggal 20 Juli 2021 ADA berkisar di harga Rp 15.000, dan pada saat artikel ini dibuat (18/08/2021) harga cardano melejit ke Rp. 28.000.

Cardano merupakan sebuah platform blockchain generasi ketiga. Aset crypto ADA ini dibuat  oleh salah satu pencipta Ethereum, yaitu Charles Hoskinson pada tahun 2015 dan mulai diperkenalkan pada tahun 2017. Jaringan blockchain ADA dibuat sebagai alternatif atas Ethereum.

Selain 229 aset crypto yang sudah terdaftar, ada juga beberapa marketplace crypto yang sudah terdaftar di Bappebti, salah satunya adalah toko crypto. Saat ini toko crypto merupakan salah satu tempat jual beli crypto terbesar yang ada di Indonesia.

Ada berbagai keunggulan dari toko crypto dibandingkan dengan market yang lain, misalnya saja seperti fee transaksi yang sangat murah. Fee transaksi di market toko crypto ini hanya 0.1% per transaksi. Sedangkan untuk WD, para pengguna akan dikenakan potongan Rp 5.500 saja.Trading crypto juga tidak membingungkan, pasalnya para pengguna akan dimanjakan dengan UI/UX yang mudah dimengerti. Selain itu jumlah koin yang diperjual belikan lebih dari 100 mata uang crypto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini