Mengenal Gelombang Mekanik dan Elektromagnetik

Berdasarkan dari sifat rambatannya gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Tetapi berdasarkan kebutuhan medium rambatan, maka gelombang dibedakan menjadi dua yaitu pertama gelombang mekanik dan kedua gelombang elektromagnetik.

Gelombang mekanik

Gelombang mekanik merupakan gelombang yang memerlukan medium untuk dapat berpindah serta merambat. Contohnya Gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki. Air, udara, tali, slinki adalah medium yang digunakan untuk merambatkan gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki. Gelombang-gelombang ini ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik. Umumnya gelombang tersebut dapat diamati dengan mata telanjang jadi dapat disimpulkan pengertian gelombang mekanik adalah gelombang yand dalam perambatannya memerlukan medium. Contoh lain gelombang mekanik adalah gelombang suara, diamna gelombang sura memerlukan medium untuk merambat. Gelombang suara merambat semakin cepat di medium yang lebih padat. Hal ini dapat dibukktikdan dengan kecepatan rambat suara pada benda padat paling cepat dibandingkan dengna rambatan suara di medium cari dan gas. Namun kecepatan rambat suara di air masih lebih cepat dibandingkan di udara atau medium gas.

Gelombang elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik dapat merambat tanpa menggunakan medium sama sekali, gelombang ini contohnya adalah gelombang sinar matahari diamna matahari dapat menghantarkan cahaya sampai ke bumi meskipun antara matahri dan bumi tidak terdapat medium apapun untuk menjalarkan gelombang. Contoh alinnya adalah gelombang  radio yang digunakan untuk mengirimkan siaran langsung televise. Gelombang ini digunakan oleh perusahaan televise untuk mengirimkan gambar dan suara yang ditangkap kamera dan diubah ke bentuk gelombang radio dan dipancarkan ke televise penerima dan akhirnay dirubah kembali menjadi gambar dan suara di televise yang dapat dinikmati hamper bersamaan dengan keadaan sebenarnya di sana. Geombang elektromagnetik biasanya sulit diamati hanya dengan mata telanjang, maka dalam pengamatannya dibutuhkan alat atau metoda khusus.

Baca Juga :   Kumpulan Photo Banjir Tanjung Selor Bulungan Kaltara Februari 2015 Part 6

Selain gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik ada jenis gelombang yang lain yaitu gelombang yang berdasarkan arah rambatannya, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

(Visited 62 times, 1 visits today)

Leave a Reply