Mengenal Istilah Neraca Perdagangan dalam Ekonomi

Apa sih yang dimaksud dengan neraca perdagangan? Apakah ini merupakan sebuah alat untuk membandingkan seperti neraca pada umumnya? Ya anda benar sekali, neraca perdagangna merupakan salah satu metode atau cara perbandingan yang digunakan dalam bidang perdagangan export dan import antar Negara. Dan ini salah satu definisi yang ditemukan di salah satu artikel ekonomi Neraca perdagangan adalah daftar yang membandingkan antara jumlah nilai barang-barang yang diekspor dengan jumlah nilai barang-barang yang diimpor oleh suatu negara dalam kurun waktu tertentu, biasanya satu tahun.

Dan ini merupakan definisi yang ditemukan di salah satu jurnal ilmiah Neraca perdagangan adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perbedaan antara ekspor dan impor. Neraca perdagangan dapat disebut ekspor NETO. Neraca perdagangan yang positif berarti negara tersebut mengalami ekspor yang nilai moneternya melebihi impor yang dapat disebut sebagai surplus perdagangan. Perlu diketahui bahwa Perdagangan internasional melibatkan transaksi ekonomi antara satu negara dengan negara yang lainnya. Transaksi ekonomi tersebut kemudain akan dicatat dalam bentuk neraca Perdagangan. Neraca perdagangan di internasional merupakan suatu komponen  yang sangat penting dalam sebuah neraca pembayaran internasional.

Nah dari informasi yang didapatkan dapat dilihat bahwa di dalam neraca perdagangan terdapat deretan angka-angka yang menggambarkan keadaan nilai eksport dan import suatu Negara dalam kurun waktu tertentu, kebanyakan neraca perdanganan menggunakan periode satu tahun. Neraca ini juga biasa digunakan untuk mengevaluasi perdagangan export import suatu Negara karena evaluasi yang dilakukan dapat diambil dari angka yang tercermin di dalam neraca.

Ternyata ada beberapa jenis neraca perdagangan yang kita kenal berdasarkan deskripsi isi dari neraca tersebut, dan berikut tiga jenis diantaranya:

Baca Juga :   Bank Danamon Meluncurkan D-Point untuk Nasabah Setia
  • Neraca Perdagangan Defisit, adalah neraca perdagangan yang menunjukkan jumlah transaksi perdagangan luar negeri (disebut transaksi debet) lebih besar dibandingkan transaksi penerimaan dari luar negeri (disebut transaksi kredit).
  • Neraca Perdagangan Surplus, adalah neraca perdagangan yang menunjukkan transaksi debet lebih kecil dibandingkan transaksi kredit.
  • Neraca Perdagangan Seimbang, adalah neraca perdagangan yang menunjukan transaksi debet sama dengan transaksi kredit.
(Visited 61 times, 1 visits today)

Leave a Reply