Mengenal Istilah Sales Force Automation

Sales Force Automation (SFA) adalah aplikasi berbasis web yang memfasilitasi komunikasi dan informasi dari setiap Tenaga Pemasaran. Dengan menggunakan SFA, Tenaga Pemasaran dapat mengakses informasi terkait agensi dari mana saja dan kapan saja! Alat ini didedikasikan agar para Tenaga Pemasaran dapat meningkatkan efisiensi dan profesionalisme dalam melakukan aktivitas penjualan

Customer Relationship Management  dengan memfokuskan interaksi dan layanan untuk meningkatkan penjualan.

Prakteknya solusi SFA ini bisa kita lihat pada aktivitas sales canvasing yang sering kita lihat pada perusahaan Food & Beverage, Pharmaceutical, Distribusi dan Retail, contoh perusahaan Coca Cola, Alfa, Sampoerna dll mereka melengkapi tim sales dilapangan dengan menggunakan sistem SFA sehingga saat sales person mengunjungi outlet-outlet atau toko yang merupakan customer mereka, Sales person dapat mencatat transaksi yang dulunya manual (bon penjualan) ke sistem SFA di perangkat electronic yang mereka bawa.

Software SFA ini menggunakan Portable Data Terminal (PDT) atau Barcode Scanner Wireless yang telah menggunakan Operating System layaknya sebuah computer dan terhubung langsung pada database pusat secara real time menggunakan fasilitas jaringan GSM yang ada pada PDT tersebut. Pada PDT memungkinkan tim sales dilapangan bisa berinteraksi dengan kantor pusat sembari mereka melayani customer mulai dari mengakses data produk, harga, stock di gudang atau Distribution Center perusahaan mereka, membuat order, menjadwalkan pengiriman barang sampai menerima pembayaran langsung dari customer dengan mencetak receipt payment dengan menggunakan mobile printer yang terhubung pada PDT mereka. Ketika mereka kembali ke kantor pada sore hari seluruh aktivitas yang tercatat pada software SFA hari itu bisa mereka sinkronisasikan pada data kantor pusat. Misal, memproses order penjualan hari ini, memproses tagihan hari ini, melunasi piutang outlet, menyiapkan dokumen pengambilan barang ke gudang, dan menyiapkan dokumen pengiriman barang hingga menentukan routing dan jadwal kunjungan esok hari. Tidak ada lagi perkerjaan yang menumpuk di sore hari.

Baca Juga :   Pentingkah Kita Mempunyai Asuransi Pendidikan

Manfaat SFA Software

Meningkatkan jumlah penjualan ; Dengan sistem sales activity yang terintegrasi dengan tugas-tugas penjualan pada PDT maka siklus dari akvitas penjualan oleh sales person lebih singkat dan efektif sehingga sales person lebih fokus terhadap tugas-tugas mereka berjualan.
Meningkatkan real-time visibility ; Dengan menggunakan Barcode Wireless atau PDT oleh sales person di lapangan  akan meningkatkan akurasi kebutuhan ketersediaan stock juga prediksi sales forecasting yang lebih akurat.
Meningkatkan hubungan dan loyalitas dari customer ; Dengan kemampuan pengecekan stock, pembuatan order, transaksi langsung pada PDT, segala kebutuhan customer dapat dipenuhi segera, cepat dan efisien yang berdampak baik pada loyalitas dan kepuasan customer.
Tidak ada lagi waktu yang yang terbuang dan effort sales person yang tidak efisien dikarenakan waktu yang mereka butuhkan untuk membuat sales report. Semua dikarenakan report dan sales activity dapat digenerate secara otomatis oleh sistem saat sales person kembali dari lapangan.
 

Fitur-fitur SFA Software

Akses terhadap detail informasi customer
Akses terhadap informasi produk, brosur/spesifikasi produk, harga, diskon, promo produk
Kontrol dan update terhadap lead/opportunity
Create order dan track order
Status Delivery barang dan status alert
Akses terhadap histori pembelian, hutang, pembayaran dari masing-masing customer
Menerima transaksi pembayaran
Kontrol terhadap aktivitas dan routing perjalanan sales person dengan menggunakan GPS

(Visited 625 times, 1 visits today)

Leave a Reply