Mengenal Jenis-Jenis Tabungan Simpanan di Indonesia

Perbankan 0   467 views 0
image

Indonesia memiliki keunggulan di sektor perbankan. Terbukti sektor perbankan di Indonesia tumbuh subur.

Mulai dari jenis bank konvensional hingga syariah, juga terdapat jenis bank perkreditan rakyat (BPR).

Hadirnya lembaga bank tersebut, tentunya karena banyaknya nasabah yang memerlukan jasa dan pelayanan pihak bank tertentu.

Selain itu banyak sektor usaha, koperasi, pemukiman modern, yang pada dasarnya membutuhkan kerja sama dengan sebuah Bank.

Salah satu kegiatan yang para nasabah sering lakukan adalah menabung. Banyak orang menabung di sebuah bank sebagai tempat menyimpan uang mereka dengan sangat aman.

Di Indonesia sendiri, ternyata jenis tabungan yang ditawarkan oleh berbagai bank ini sangat beragam. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, agar tercapai apa yang diinginkan oleh para nasabahnya.

Apa saja jenis tabungan yang ada di Indonesia? berikut adalah ulasannya.

1.       Tabungan Konvensional
Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang dimiliki hampir oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tabungan ini paling populer karena cara untuk mengajukannya mudah dan prosesnya sangat cepat.

Saat anda ingin memiliki tabungan dan rekening baru, hari itu juga anda sudah bisa memiliki tabungan tersebut. Fasilitas yang didapatkan jika memiliki tabungan jenis ini adalah dapat menyimpan uang, menyetorkan uang, mengambil uang kapan saja, dan memeriksa aktivitas rekening koran.

Saat anda menggunakan tabungan ini, setiap bulannya akan ditarik biaya administrasi sesuai dengan ketentuan dari pihak Bank tersebut. Tabungan konvensional ini juga sudah dijamin oleh LPS (lembaga penjamin simpanan), yang akan menjamin keamanan uang anda, sekalipun bank tersebut bangkrut.

2.       Tabungan Berjangka
Selain tabungan konvensional, jenis tabungan lain yang disediakan oleh Bank tertentu adalah tabungan berjangka. Jika pada tabungan konvensional, anda bisa mengambil uang tabungan kapan saja anda perlu.

Baca Juga :   Modus Baru Pembobolan E-Banking, Jaringan Ponsel "No Service", Rekening Terkuras Habis

Bberbeda dengan tabungan berjangka, anda tidak bisa mengambil uang tersebut setiap saat. Di mana pengambilan uang hanya bisa dilakukan sesuai jadwal kesepakatan.

Untuk jangka waktu tabungan berjangka atau deposito ini, tersedia dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Bunga yang dikenakan untuk deposito relatif tinggi, yaitu antara 3 persen hingga 7 persen.

3.       Tabungan Haji
Ibadah ke tanah suci adalah impian hampir semua orang yang beragama islam. Untuk memudahkan mewujudkan impian tersebut, bank juga menyediakan tabungan haji, untuk memudahkan nasabahnya berangkat haji dalam jangka waktu tertentu.

Untuk jenis tabungan ini, biasanya nasabah diwajibkan untuk menyetor uang sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per bulan.

Saat uang yang ditabungkan sudah berhasil terkumpul sekitar Rp 25 juta – Rp 30 juta, anda sudah bisa mendaftar ke kementerian agama. Fasilitas yang diberikan untuk tabungan ini adalah asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan diri.

4.        Tabungan Investasi
Anda suka bermain saham? Tabungan ini cocok untuk anda. Umumnya tabungan ini digunakan untuk nasabah yang bertransaksi jual-beli saham.

Tabungan ini bersifat untuk penampungan uang yang akan digunakan khusus untuk membeli saham dan juga menyimpan laba hasil transaksi saham tersebut.

5.       Tabungan Anak
Saat ini, anak-anak juga bisa memiliki tabungan sendiri. Adanya tabungan ini adalah untuk mengedukasi anak-anak agar belajar lebih hemat terhadap uang yang mereka miliki. Pihak Bank menyediakan tabungan khusus anak dengan tampilan yang menarik.

Anak-anak yang menabung dengan tampilan buku tabungan dan kartu ATM yang sesuai usia mereka, tentunya akan lebih senang dan semangat untuk menabung.

Saldo setoran untuk tabungan anak juga cenderung ringan.  Tabungan anak ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti mobile banking dan internet banking.

Baca Juga :   Cara Mudah Aktivasi Internet Banking BRI Versi Mobile di Smartphone

6.       Tabungan Giro
Tabungan Giro adalah tabungan khusus untuk transaksi bisnis. Tabungan giro diutamakan untuk transaksi berbagai perusahaan.

Tabungan ini ada dalam bentuk Cek dan Bilyet Giro. Catatan transaksinya, nasabah yang merupakan sebuah perusahaan ini tidak akan menerima buku rekening seperti nasabah biasa, namun Bank akan mengirimi rekening Koran berisi daftar transaksi selama satu bulan.

7.       Tabungan Mata Uang Asing
Biasanya tabungan jenis ini seperti investasi dengan menggunakan mata uang asing. Investasi mata uang asing cukup bermanfaat, karena saat terjadi kenaikan nilai mata uang negara tersebut, saat ditukarkan kita akan mendapat keuntungan dari investasi ini.

Miliki Tabungan yang Menjadi Prioritas dalam Kehidupan Anda
Menabung adalah hal yang menyenangkan. Memiliki Jenis Tabungan apapun yang ada di Indonesia, keseluruhannya memiliki manfaat yang baik untuk membantu mewujudkan keinginan anda.

Namun, sebaiknya anda miliki tabungan yang sesuai dengan prioritas saja. Jika sudah memiliki uang lebih, silahkan gunakan produk tabungan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *