Mengenal Penyebab dan Gejela Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang dapat membuat tulang menjadi keropos. Penyakit ini juga merupakan penyakit terbesar di dunia setelah penyakit jantung dan penyakit kanker. Penyakit ini sering disebut juga dengan The silent Killer, karena banyak yang tidak mengetahui tanda – tanda dan gejala osteoporosis, mapun penyebab utama terjangkitnya penyakit ini hingga penderita meninggal dunia.

Berikut ada beberapa penyebab penyakit osteoporosis yaitu :

  1. Kekurangan kandungan kalsium : Kandungan kalsium ini sangat berperan penting untuk pertumbuhan tulang dan juga perkembangan tulang, kekurangan kalium ini akan menyebabkan penyakit tulang persendian, nyeri dan bahkan juga osteoporosis.
  2. Faktor keturunan ( genetik ) : Faktor keturunan ini sangat tidak bisa diatasi, karena bila sudah terlahir dengan orang tua menderita penyakit osteoporis. Kemungkinan akan juga menderita penyakit tersebut, bahkan diperkiraan akan 80 % memiliki penyakit ini.
  3. Kekurangan kandungan vitamin D : Vitamin D juga sangat memiliki peranan penting untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang, kandungan ini akan membantu menyerap kalsium. Jika kekurangan vitamin D memicuhnya penyakit osteoporosis ini muncul, namun untuk menghindari harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  4. Kandungan kafein dan alkohol : Dengan banyaknya mengkonsumsi minuman yang berkafein dan beralkohol akan meningkatkan pengeluaran air seni dan akan juga melarutkan kandungan kalsium dalam tubuh. sehingga kemungkinan akan menyebabkan penyakit osteoporosis ini muncul. Dalam penanganan ini, sebaiknya untuk membatasi dan mengurangi mengkonsumsi minuman berkafein dan beralkohol.
  5. Perubahan hormonal : perubahan hormonal ini biasanya terjadi pada kasus menopause uanh dapat menurunkan dalam pembentukan tulang, hal ini dikarenakan kadar estrogen dalam pembentukan tulang pada wanita tidak berjalan dengan maksimal.
  6. Stress berlebihan : Stres juga sangat mempengaruhi dan memicuh penyakit osteoporosis ini, karena terlalu banyak memikirkan sesuatu akan menyerap kadar kalsium dan kondisi ini akan mempengaruhi asupan kalsium pada pertulangan.
  7. Kurang olahraga : Kurang bergerak atau olahraga akan mengakibatkan pengikisan pada pembentukan tulang dan juga akan mengakibatkan penyakit osteoporosis ini muncul. Dalam hal ini sebaiknya untuk melakukan olahraga dengan baik ringan maupun berat.
Baca Juga :   Inilah Bahaya Jika Minum Sambil Berdiri

Adapun gejala yang ditimbulkan penyakit osteoporosis yaitu :

  • Reamatik pada bagian punggung dan kaki.
  • Kram, dan naik betis pada paha serta kaki
  • Badan membungkuk dan nyeri pada punggung
  • Tinggi badan berkurang
  • Tulang mudah sakit, bahkan mengakibatkan patah tulang

Tambahan :

Dalam menanggani penyakit osteoporosis ini, sebaiknya memberikan asupuan kalsium yang tinggi seperi susu, kacang, almon dan sayuran hijauan lainnya. Kemudian, memberikan kandungan vitamin D yang dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan pembentukan tulang, kandungan ini biasanya dapat ditemukan pada makanan seperti kuning telur, ikan tuna dan lainnya

(Visited 4 times, 1 visits today)
Rate this article!

Leave a Reply