Mengenang Sejarah Hari Guru Nasional 25 November

Peringatan Hari Guru Nasional di Google Doodle. Terlihat ada yang berbeda di tampilan google pada hari ini, dengan mengambil latar belakang peralatan yang biasa ada di sekolah, seperti buku, penggaris, bola dunia, nada musik, otak manusia, dan tangan terampil yang sedang mengajarkan perkalian. Merupakan suatu tanda terima kasih yang dilakukan oleh pihak google di Hari Guru, yang jatuh setiap tanggal 25 November.

Makna Hari Guru Nasional bagi kita sebagai masyarakat Indonesia adalah, dimana setiap tahunnya pada tanggal 25 November, maka akan diperingati sebagai hari guru Nasional. Kembali kita akan mengenang dan lakukan flash back terkait sejarah adanya Hari Guru. Sebetulnya, peringatan Hari Guru Nasional sudah tercatat diperingati setiap tanggal 25 November 2015 pada sebuah Keputusan Presiden, No 78 Tahun 1994 silam. Akan tetapi, dengan perjuangan panjang baru sepakat jika setiap tanggal 25 November menjadi Hari Guru Nasional.

Apabila Google memperingati dengan tulisan National Teacher’s Day, maka tepat di Indonesia diperingari sebagai Hari Guru nasional dan Hhari jadi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Sejarahnya sendiri adalah disaat waktu itu bukan bernama PGRI akan tetapi PGHB atau Persatuan Guru Hindia Belanda, tahun 1912 silam. Organisasi tersebut mempunyai sifat sekedar unitaristik yang beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, juga para pemilik sekolah.

Usai sekitar 2 dekade, PGHB pun berubah menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia), sehingga langsung menjadi heboh dan membuat geram Pemerintah Belanda, Pemerintah Belanda waktu itu tidak mau jika rasa patriotisme bangsa Indonesia ada sehingga merekapun marah dan terjadi banyak insiden memilukan. Akan tetapi, para guru yang tegabung dalam PGI tetap semangat berjuang untuk lepas dari bayang-bayang bangsa Belanda, dengan satu kata ‘Merdeka’

Baca Juga :   Pesawat Lufthansa A320 Menabrak Burung Besar Di ketinggian 5000 Kaki

Akan tetapi, sangat disayangkan setelah PGI lepas dari nama Hindia Belanda, tepat ketika masa pendudukan Jepang hampir semua organisasi pun dilarang sehingga sekolah banyak yang ditutup sampao organisasi PGI yang tak lagi aktiv bersuara. Sehingga, usai adanya proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 Organisasi yang digawangi para guru tersebut, PGI, langsung lakukan Kongres Guru Indonesia tepatnya pada tanggal 24 sampai 25 November 1945, bertempat di Surakarta.

Sehingga, hasil kongres mencatatkan sejarah baru, dimana pada tanggal 25 November 1945, PGRI pun selanjutnya berdiri, sehingga sebagai rasa penghormatan dan terima kasih pada para para guru, pemerintah pun langsung menetapkan jika hari lahir PGRI sama sebagai Hari Guru Nasional, atau Hari Guru Nasional. Selamat hari Jadi PGRI dan Selamat hari Guru.

(Visited 77 times, 1 visits today)

Leave a Reply