Panduan Investasi Saham Pemula untuk Hasil yang Menguntungkan

Investasi saham pemula sering jadi keputusan yang membuat investor pemula merasa ragu. Pasalnya, walaupun investasi saham memang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan besar, risikonya juga sama besarnya sehingga banyak pemula yang ragu untuk melakukannya.

Karena itu, tak heran jika banyak investor pemula yang kemudian lebih memilih untuk menanamkan dana mereka pada produk investasi yang lebih kecil, seperti bisnis investasi emas yang cenderung lebih aman karena minim risiko, atau investasi reksadana syariah maupun investasi reksadana konvensional.

Hanya saja, sebenarnya sebagai pemula pun Anda tak perlu terlalu menyoalkan keputusan untuk berinvestasi di saham, lho. Sebab, dengan mempelajari instrumen investasi yang satu ini, Anda pun bisa lebih memahami karakteristik saham dan pasar saham, hingga memelajari tips maupun trik investasi saham pemula yang aman serta minim risiko. Apalagi, sebenarnya tidak semua investasi saham punya risiko tinggi, lho!

Untuk membantu Anda memahami investasi saham dengan lebih baik dan jelas, yuk simak penjelasan mengenai saham dalam panduan berikut ini. Di samping itu, pada bagian akhir Anda juga bisa temukan beragam pilihan instrumen investasi paling menguntungkan lainnya yang cocok untuk pemula. Selamat membaca!

Sekilas Mengenal Investasi Saham

Investasi Saham Pemula

Secara garis besar, investasi saham adalah aktivitas penanaman modal dengan cara pembelian saham yang dimiliki sebuah perusahaan. Apabila Anda membeli saham sebuah perusahaan, berarti Anda memodali perusahaan tersebut, Hanya saja, perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan yang sudah terbentuk lama dan telah beroperasi, bukannya perusahaan baru.

Selain menjadi pemodal, membeli saham sebuah perusahaan juga berarti bahwa Anda menjadi pemiliknya juga dan akan mendapatkan bagian dari keuntungan. Hanya saja, kepemilikan Anda terhadap perusahaan serta berapa besar keuntungan yang akan diperoleh didasarkan pada persentase kepemilikan saham Anda di perusahaan tersebut.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di saham, Anda perlu memilih perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia atau BEI. Di BEI inilah Anda melakukan aktivitas transaksi saham, baik itu beli maupun jual. Jadi, bisa dibilang kalau BEI itu seperti “mal” bagi para investor.

Seiring dengan perkembangan waktu, saat ini Anda bahkan sudah bisa berinvestasi pada saham syariah. Bahkan, BEI juga sudah menawarkan produk saham syariah sebagai opsi investasi halal dan menguntungkan. Bagi Anda kaum muslim yang ingin menikmati keuntungan dari investasi tanpa harus khawatir kalau dana yang Anda terima sudah sesuai dengan ketentuan syariah atau belum, tentu saha saham syariah adalah opsi yang sangat pantas untuk dilirik.

(Visited 25 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply