Panduan Investasi Saham Pemula untuk Hasil yang Menguntungkan

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Saham

  1. Apa tujuan/target investasi Anda?

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi saham, tentukan dulu apa yang jadi tujuan Anda. Malah, pertimbangan ini perlu dipikirkan matang bahkan jika Anda memilih produk investasi lainnya, seperti investasi bagi hasil terpercaya, obligasi, reksadana, emas, dan sebagainya.

Dengan mengetahui apa yang jadi tujuan Anda berinvestasi, Anda pun idealnya jadi lebih semangat dan paham apa langkah investasi berikut yang lebih spesifik untuk Anda ambil demi mencapai tujuan investasi Anda tersebut.

  1. Berapa lama berinvestasi?

Sama halnya seperti sistem pinjaman, termasuk sistem pinjaman bank syariah, Anda pun bisa memilih apakah Anda ingin berinvestasi saham dalam jangka pendek atau jangka panjang. Durasi investasi ini sangat berkaitan dengan tujuan investasi. Misalnya, jika Anda ingin berinvestasi untuk “mengamankan” dana selama 3 atau 6 bulan ke depan, maka investasi jangka pendek adalah langkah yang tepat. Sedangkan jika tujuan investasi Anda adalah untuk pensiun atau pendidikan anak di perguruan tinggi, pilihlah investasi saham jangka panjang.

  1. Sesuaikan dengan kemampuan modal.

Hukum investasi menyebutkan bahwa makin tinggi risiko investasi, makin tinggi pula keuntungan yang akan Anda dapatkan. Meski demikian, Anda juga perlu memerhatikan kemampuan Anda agar investasi saham Anda benar-benar menguntungkan. Jadi, jangan buru-buru terbujuk oleh keuntungannya lebih dulu, karena Anda wajib memperhitungkan risiko investasi juga. Sebagai pemula, sesuaikan dulu besar investasi dengan kemampuan modal Anda.

Apalagi, saat ini Anda sudah bisa berinvestasi saham tanpa harus keluar uang jutaan, atau malah sampai ratusan atau miliaran, lho! Lewat beragam platform bisnis investasi online yang sudah legal dan memiliki izin, Anda bahkan bisa berinvestasi dalam instrumen saham meskipun hanya dengan dana ratusan ribu saja. Tapi, kalau Anda memang punya modal lebih, tak ada salahnya juga untuk berinvestasi lebih, termasuk lewat jasa bisnis investasi terpercaya.

(Visited 22 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply