Panduan Investasi Saham Pemula untuk Hasil yang Menguntungkan

Apa Saja Keuntungan Saham?

Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda peroleh dari investasi saham:

  • Dividen, yaitu pembagian laba dari perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan keuntungan perusahaan dalam satu tahun. Besarnya dividen yang Anda terima sesuai dengan persentase kepemilikan saham Anda, dan dapat diberikan dalam wujud dividen tunai (uang tunai), atau dividen saham sehingga jumlah saham Anda bertambah.
  • Capital gain, yaitu keuntungan yang Anda perolah dari selisih antara harga beli saham dengan harga jual. Di sini, untung diperoleh karena harga jual saham lebih tinggi dari harga beli.

Apa Risiko Investasi Saham?

Selain untung, ada juga risiko yang perlu Anda perhatikan dalam investasi saham, yaitu:

  • Capital loss, yaitu kerugian karena harga jual saham yang lebih rendah dari harga beli.
  • Suspend, yaitu risiko di mana aktivitas transaksi saham tidak dapat dilakukan karena berbagai alasan, seperti penurunan harga saham secara drastis dalam jangka waktu singkat, perusahaan dinyatakan pailit, atau perusahaan tidak memenuhi persyaratan BEI.

Alternatif Instrumen Investasi Selain Saham untuk Pemula

Selain saham, Anda juga punya beragam pilihan instrumen investasi lain yang tak kalah menguntungkan. Bahkan, instrumen-instrumen tersebut cenderung lebih aman karena risiko yang lebih kecil, sehingga cocok untuk pemula.

  1. Emas.

Investasi logam mulia, terutama emas, sudah lama dikenal sebagai pilihan investasi yang aman dan masih digemari sampai sekarang. Bahkan, tak sedikit bank yang menawarkan investasi emas, termasuk dalam jajaran produk produk bank syariah.

  1. Deposito.

Deposito atau tabungan berjangka sangat cocok dipilih terutama jika Anda ingin berinvestasi pada instrumen jangka pendek. Di sini, dana Anda nanti akan disimpan di bank selama jangka waktu tertentu, dan dana tersebut tidak bisa ditarik sebelum jatuh tempo. Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa bunga yang persentasenya sudah diatur oleh BI.

  1. Reksadana.

Mirip seperti investasi saham, investasi reksadana saat ini juga sudah banyak tersedia sebagai produk syariah. Jadi, Anda pasti akan bisa temukan pilihan investasi reksadana syariah terbaik yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Reksadana sendiri merupakan instrumen investasi kolektif yang dilakukan oleh Manajer Investasi dan sekelompok investor, yang dananya akan “dibelanjakan” Manajer Investasi pada beragam produk investasi. Sebagai instrumen investasi kolektif, baik risiko maupun keuntungan dari investasi reksadana akan dibagi secara merata antar investor. Bahkan, Manajer Investasi akan mengurus dana yang Anda punya sehingga jika Anda tidak ingin repot-repot memelajari produk, pasar, sampai memutuskan kapan perlu menjual atau membeli saham.

Itulah panduan sederhana tentang investasi saham pemula dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

(Visited 22 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply