Penagihan Dana Rupiah dan Permohonan Keringanannya

Penagihan DanaRupiah dan Permohonan Keringanannya

DanaRupiah selaku perusahaan financial technology (fintech) peer to peer lending (P2P lending) telah meraih izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda dapat mengajukan pinjaman dana untuk pembiayaan kebutuhan utama Anda.

Perusahaan fintech P2P lending ini memiliki tiga produk pembiayaan. Pertama, pinjaman tunai untuk kebutuhan personal. Bunga pinjaman harian ini tergolong rendah hingga 0,8%.

Kedua, pinjaman produktif yang bertujuan untuk memberikan modal utama kepada petani. Bunga pinjamannya pun rendah yaitu 28% per tahun. Ada pula tambahan 8% untuk biaya platform.

Terakhir, pinjaman pelatihan dan pendidikan. Produk ini cocok bagi Anda yang tengah mengalami kesulitan untuk membiayai sekolah atau kuliah. Bunga yang ditawarkan berkisar 22% – 23% per tahun ditambah 3% biaya platform.

Cara Kerja P2P Lending

P2P lending bekerja dengan menghubungkan antara pihak pemberi pinjaman dana online kepada pihak penerima pinjaman. Segala risiko dari kesepakatan pinjam-meminjam ditanggung oleh kedua belah pihak.

Risiko yang dimaksud berupa risiko gagal bayar, yang akan ditanggung sendiri oleh pihak pemberi pinjaman. Lembaga atau otoritas negara tidak  bertanggung jawab bila terjadi risiko gangguan pelunasan cicilan.

Untuk itu, pemberi pinjaman diimbau agar memiliki pengetahuan terlebih dulu sebelum menggunakan layanan pinjam-meminjam berbasis teknologi ini. Pendana pun disarankan untuk memiliki pengalaman pinjam-meminjam sebelumnya.

Sementara itu, pihak penerima pinjaman disarankan untuk mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman sebelum mengajukan pinjaman dana. Perhatikan pula biaya lainnya yang harus sesuai dengan kemampuan untuk melunasi pinjaman.

Penagihan DanaRupiah dan Permohonan Keringanannya

Penagihan Pinjaman

Sama seperti kesepakatan utang piutang pada umumnya, pihak penerima dana diwajibkan untuk membayar pinjaman online. Apabila tidak membayar, pihak pemberi pinjaman memiliki hak untuk menagih.

Sayangnya, fakta di lapangan menunjukkan sering kali terjadi kasus di mana kolektor selaku pihak penagih pinjaman dana melakukan pengancaman. Aksi kekerasan kepada nasabah bahkan bisa terjadi.

Demi menciptakan budaya penagihan utang secara positif maka dibutuhkan komunikasi yang efektif. Pihak kolektor harus bersahabat dengan para nasabah. Dengan nada yang sopan, para nasabah akan menjadi lebih kooperatif.

Kolektor juga perlu menerapkan pelayanan berstandar profesional dan kualitas terpercaya. Dengan demikian, kolektor akan mampu melayani kepentingan pelanggannya yaitu pemberi pinjaman dana maupun penerima pinjaman.

Pengajuan Keringanan

Melunasi pinjaman dana online kadang menyulitkan, khususnya bila pihak peminjam ternyata mengalami kesulitan keuangan. Pembayaran yang jatuh tempo dan bunga yang terus berjalan tentu membuat keadaan semakin panik.

Jika terjadi hal demikian, janganlah menghindar dari pihak penagih utang. Jangan menghilang karena keluarga dan kerabat Anda akan dirugikan dari masalah tersebut. Anda dapat mengajukan keringanan dengan melakukan negosiasi.

Cobalah untuk membuat surat permohonan keringanan pembayaran atau pelunasan pinjaman. Berikan pilihan berupa mekanisme pembayaran yang dapat Anda lakukan.

Misalnya, Anda meminta penjadwalan ulang pelunasan cicilan selama periode waktu tertentu. Tawarkan pula penambahan bunga yang sekiranya sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Pada surat permohonan tersebut, jelaskan kondisi keuangan Anda dan rekam jejak pembayaran sebelumnya yang selalu tepat waktu. Tunjukkan itikad baik Anda untuk membayar pinjaman secara meyakinkan.

Anda juga dapat mendatangi langsung kantor fintech sembari membawa dokumen pendukung, seperti surat PHK untuk menjelaskan kondisi keuangan Anda tengah bermasalah. Namun, tetap perlihatkan usaha Anda untuk membayar pinjaman.

Jika Anda memiliki keluhan lain atau membutuhkan informasi lebih lengkap, silakan hubungi DanaRupiah melalui email cs@danarupiah.com atau 021-39700100 pada jam operasional Senin-Minggu, mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini