Pengalaman Didenda PLN dikarenakan Ganti MCB dari 2 Amp ke 6 Amp

denda-pln

Denda dari PLN, Apakah anda pernah mengalami? Tentunya saya sekarang mengalami dan Ini merupakan pengalaman pertama saya didenda oleh PLN.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini PLN sedang bersih -bersih ke setiap-tiap rumah untuk di cek apakah ada kecurangan dalam meteran listrik khususnya ini PLN Pascabayar bukan PLN Token lho.

PLN pasca bayar atau PLN tagihan bulanan saat ini memang sudah tidak ada pemasangan baru lagi karena pemasangan baru sekarang harus Pra bayar dan tentunya jika bukan warga miskin pemasangan listrik minimal mulai dari 6 AMP atau 1300 Watt karena untuk pemasangan 450 dan 900 khusus pemasangan baru harus melampirkan surat keterangan tidak mampu, jika anda mampu jangan harap bisa pasang 450 atau 900 watt.

Nah bagi yg masih punya meteran tipe pasca bayar 450 atau 900 watt tentu saja jika ingin tambah daya otomatis pasti PLN akan menawarkan Pra bayar atau token, sedangkan token seperti yang pernah dialami tetangga atau warga lainnya pengeluaran perbulan lebih besar dari pada yg tagihan bulanan atau pasca bayar.

Supaya ampere listrik tidak berbah maka biasanya kita minta bantuan orang yang mengerti listrik untuk merubah MCB di meteran yg asalnya 2 ampare menjadi 6 ampare walapun cara seperti ini adalah melanggar kontrak dengan PLN.

Dengan di ganti MCB maka listrik kekuatannya sama dengan 6 ampare tetapi pembayarannya dengan tarif 2 ampare dan memang sih ini bisa dikatakan nyolong juga hehehe.

Dan ini terjadi juga di rumah saya, tetapi bukan murni kesalahan saya hanya kena getahnya saja heheh

denda-pln
Ceritanya adalah sekitar 1,5 tahun yang lalu saya baru membeli tanah dan rumah dimana rumah tersebut sudah ada PLN 2 Amp atau 450 Watt setelah saya pindah karena banyaknya barang elektronik milik saya seperti TV, Kulkas, mesin cuci, kipas, setrika dll dipastikan dengan daya 450 watt tidak akan kuat jika kita gunakan semua perangkat elektronik dinyalakan secara bersamaa, namun ternyata dan aneh meteran MCB tidak mati atau jeglek (bahasa kampungnya).

Baca Juga :   Ini Untung Rugi Memakai PLN Prabayar dan Pasca bayar

Dan sayapun merasa heran kok bisa ya listrik ga mati dan sampailah muncul tagihan bulanan dan terkejutnya tagiahan listrik hanya 50ribu saja perbulan dengan pemakaian yg maksimal.

Namun karena saya ga lapor PLN saya biarin aja sampai akhirnya setelah 1,5 tahun berjalan saya tempati rumah, sekitar bulan kemarin ada pemeriksaan dari PLN dimana setiap rumah yg mempunyai meteran pAscabayar di cek satu persatu, sampai akhirnya saya mendapat surat cinta dari petugas PLN.

Di dalam surat tersebut dijelaskan bahwa listrik rumah saya melanggar kontrak dengan PLN yaitu MCB 4 ampare di ganti menjadi 32 Ampare disinilah saya mulai paham ternyata sama yg punya rumah sebelumnya MCBnya diganti jadi 32 Amp pantesan saja ga pernah mati, kemudian saya jelaskan ke PLN bahwa saya tidak mengetahui perubahan tersebut karena saya baru saja pindah dan mengisi rumah tersebut sekitar 1,5 tahun yang lalu, namun alasan saya ternyata tidak bisa di jadikan bukti bagi PLN, dan akhirnya saya menyetujui bahwa saya akan mengganti biaya Denda yang dikeluarkan PLN setelah di hitung- hitung sama petugas PLN bahwa denda yang harus di bayar adalah sebesar Rp 2.870.000 dengan angsuran maksimal 3 bulan dan akan di masukan ke rekening tagihan bulanan.

Dan akhirnya MCB saya di segel sama PLN supaya tidak bisa lagi di ganti.

Update : Setelah ditentukan denda yang bayar dan menurut mereka akan di masukan ke rekening tagihan tetapi realisasinya sudah 3 bulan tagihan berjalan tidak ada denda yang dimasukan ke rekening, dan saya pun tidak berani menanyakan kembali, semoga memang benar denda itu tidak menjadi beban saya.

Artikel Terkait Informasi PLN :

Baca Juga :   Informasi Riwayat Listrik PLN Prabayar/Token Listrik

(Visited 29,004 times, 34 visits today)

One Response

  1. author

    rendi5 months ago

    ga ada lampiran perhitungan dendanya tuch…pengen liat gan

    View Comment Reply

Leave a Reply