Pengertian Polis Asuransi Yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Pasti buat para pemegang asuransi seperti asuransi mobil, asuransi kesehatan, dan asuransi lainnya sudah tahu apa itu polis asuransi tapi apa mereka tahu pengertian polis asuransi sebenarnya? Saat ini di Indonesia polis asuransi mobil sudah diterbitkan dan dibuat sendiri oleh lembaga asuransi AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) dengan acuan polis standardnya , adanya polis standard ini maka sudah  keharusan bagi seluruh pelaku industri asuransi di Indonesia dalam men-design produk asuransi mobilnya mengunakan acuan standard polis yang telah dibuat oleh AAUI ini.

Tapi apa Anda tahu pengertian polis asuransi dan jenis polis asuransi itu sendiri tidak hanya satu, tapi ada beberapa pengertian polis asuransi dan bermacam-macam polis asuransi. Untuk lebih lengkapnya ayo kita simak satu persatu :

1. Polis Kendaraan Bermotor

Suatu dokumen asuransi yang di dalamnya berisi kesepakatan antara pihak tertanggung (pemegang polis) dengan pihak penanggung (pihak asuransi). Di dalam kontrak perjanjian ini terlampir bahwa perusahaan asuransi tersebut akan menanggung sejumlah kerugian pada kendaraan bermotor milik nasabah asuransi (pemegang polis) jika dimasa mendatang terjadi suatu kerugian yang merugikan sang pemegang polis.

2. Voyage Policy (Polis Perjalanan)

Jenis polis yang menanggung asuransi bagi pemegang polis selama  berada dalam perjalanan dari suatu tempat pemberangkatan, sampai sang pemegang polis tersebut kembali lagi ke tempat pemberangkatan awal. Jadi masa berlakunya pertanggungan atas polis ini tidak didasarkan pada suatu jangka waktu tertentu, tetapi berdasarkan pada suatu perjalanan/ pelayaran tertentu saja dan meliputi barang bawaan sang pemilik polis.

3. Polis Asuransi Kesehatan

Sebuah dokumen yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para pemegang asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Baca Juga :   Sun Life Mengeluarkan Produk Baru Investasi Asuransi Syariah

4. Polis Asuransi Jiwa

Suatu Dokumen asuransi yang dapat menanggung seseorang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Di dalam polis ini terlukis bahwa akan ada penggantian dari suatu perusahaan asuransi kepada sang pemegang polis apabila terjadi Risiko kematian atau Hidup seseorang terlalu lama.

5. Polis Asuransi Rumah

Suatu dokumen dari perusahaan asuransi yang khusus untuk memberikan perlindungan terhadap tempat tinggal anda dari musibah atau hal-hal yang tidak diinginkan oleh Anda. Biasanya meliputi bangunan rumah tersebut dan properti didalamnya tergantung kebijakan perusahaan asuransi.

6. Polis Ditaksir / Valued Policy

Merupakan sebuah polis atau dokumen kontrak pembayaran yang jumlah harga pertanggungannya  dapat ditaksir. Di dalam polis dicantumkan syarat valued at atau so valued. Polis ini dapat berupa polis perjalanan atau polis waktu atau polis yang lainnya.

7. Polis Tidak Ditaksir / Unvalued Policy

Polis ini adalah kebalikan dari valued policy. Harga pertanggungan yang dicantumkan dalam polis diperlukan sebagai dasar untuk perhitungan premi asuransi dan batas maksimal ganti rugi yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

8. Polis Risiki Perang

Suatu dokumen kontrak yang menjamin sang pemegang polis saat berada di medan perang, biasa di dalam polis itu menjamin biaya atas semua hal yang terjadi di medan perang, kerugian atas kerusuhan dan kekacauan akibat perbuatan orang-orang jahat.

9. Polis Veem

Dokumen kontrak pembayaran yang menanggung barang selama berada di dalam gudang atau suatu tempat dari kemungkinan risiko kerusakan, risiko kebakaran dan risiko kehilangan.

Dari data diatas tentunya sudah cukup jelas tentang jenis-jenis polis asuransi dan juga pengertian polis asuransi itu sendiri. Memang polis asuransi itu sangat penting bagi pemilik asuransi, bisa diperumpamakan polis itu bagaikan sebagai obat jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan terhadap Anda. Polis asuransi pun berbeda layaknya produk-produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang ada di negara kita.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply