Pentingnya Backlink Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya Bagi Pemula

Apakah anda tahu Backlink. Apa yang dimaksud dengan Backlink ? Pengertian Backlink, Fungsi backlink, Manfaat Backlink dan Cara membuat Backlink Yang Baik dan Benar.

Mungkin sebagian dari anda sebagai seorang blogger sudah tahu tentang Backlink. karena backlink merupakan hal yang sangat penting dalam dunia perbloggingan. Tapi mungkin Blogger pemula seperti anda yang baru menekuni blogging pastinya akan bertanya-tanya apa sih sebenarnya backlink itu dan pada tulisan kali ini saya akan membantu anda untuk lebih mengenal tentang backlink. sebenarnya dulu juga saya saat peertama kali menjadi blogger pemula saya juga tidak tahu mengenai Backlink. tetapi karena saya sering searching diigoogle akhirnya saya mulai memahami tentang SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian Backlink ?

Backlink ialah Link  yang berada di situs atau blog orang lain dan mengarah ke situs atau blog kita. Backlink dikenal juga sebagai inbound link. Backlink merupakan aspek yang sangat penting di dalam SEO (Search Engine Optimization), karena backlink akan membuka kesempatan blog Anda untuk berada diposisi paling atas di mesin pencari atau search engine. Banyak mesin pencari termasuk juga google yang menjadikan backlink sebagai salah satu aspek penting dalam algoritmanya. jika blog anda memiliki jumlah backlink yang banyak dan berkualitas maka blog anda akan lebih dipandang bagus di mata Google.

Apa Sih Manfaat dan Fungsi Backlink

Backlink mempunyai peranan yang cukup penting dalam hal SEO. karena backlink yang baik dan berkualitas tidak akan di pandang sebelah mata oleh google. Berikut beberapa manfaat dan fungsi dari backlink :

  1. Meningkatkan Posisi Blog anda pada SERP (Search Engine Result Page), SERP merupakan singkatan dari search engine result page. jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya halaman hasil mesin pencari atau search engine. backlink merupakan hal yang sangat penting dalam menaikkan posisi rank blog pada mesin pencari.
  2. Mempertahankan posisi SERP blog anda,  Jika anda sudah berhasil meningkatkan posisi blog pada SERP (search engine result page). maka kali ini dengan backlink anda harus bisa mempertahankan posisinya di mesin pencari misalnya google.
  3. Meningkatkan Ranking Blog anda, Jika blog anda menginginkan ranking bagus seperti di Alexa.com atau situs sejenisnya. ada baiknya anda harus memperhatikan backlink. karena situs seperti alexa.com juga menghitung jumlah backlink untuk menentukan posisi rankingnya.
Baca Juga :   Bagaimana Cara Melihat Jumlah Visitor atau Pengunjung Blog Orang Lain

Jadi, Apakah sudah Anda tahu apa itu Backlink dan Fungsi dari backlink. maka Sekarang saatnya anda mulai belajar beberapa teknik sederhana untuk menghasilkan Backlink menuju situs Anda. Satu hal yang harus Anda ketahui tentang Backlink dalam SEO adalah, bukan jumlah backlink yang penting, tapi itu kualitas link itu sendiri yang lebih penting.

Didalam mencari backlink ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh blog pemula misalnya dengan blogwalking atau berkomentar di blog orang lain. atau menanamkan backlink di forum yang berangking bagus. atau bisa juga dengan bertukar Link sesama blogger. intinya yang perlu anda perhatikan dalam mencari backlink ialah Kualitas backlink walaupun backlinknya sedikit tetapi lebih bagus dibandingkan backlink yang banyak tapi spam. Backlink spam itu biasanya didapatkan dengan menggunakan auto backlink atau backlink otomatis. dan hal ini bukannya meningkatkan posisi blog anda di SERP tetapi malahan bisa berakibat buruk sekali terhadap blog anda misalnya saja gara-gara backlink spam blog anda di penalty oleh google. untuk itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog anda usahakan mencari backlink secara alami.

 

Artikel Terkait SEO Untuk Pemula :

(Visited 4 times, 1 visits today)

4 Responses

  1. author

    Sudarto1 year ago

    Saya ingin bertanya, kawan. Blog tanpa backlink, bisakah mencapai posisi puncak? Jika bisa, apa syarat yang harus dipenuhi? Terima kasih atas perhatiannya.

    Reply
    • author
      Author

      Dede Nandang1 year ago

      untuk mencapai puncak bisa dengan artikel unik, namun jangka waktunya pasti lama sekali, jika dengan bantuan backlink akan lebih cepat kalaupun agan minta bantuan TIM SEO berbayar pastinya akan menggunakan trik backlink juga

      Reply
  2. author

    Fauzi7 months ago

    Cara mendapatkan backlink salah satunya berkomentar di blog orang lain. Berkomentar kaya gini mas ?

    Reply
    • author
      Author

      Dede Nandang7 months ago

      betul

      Reply

Leave a Reply