Penyebab kanker otak yang Perlu Kamu Ketahui

Perbincangan tentang kanker seperti tak ada habis-habisnya. Setiap hari ada saja berita di media sosial yang melibatkan kanker. Perbincangan itu mulai dari adanya public figur yang terkena kanker hingga penggalanan dana untuk masyarakat kurang mampu yang divonis kanker.

Kanker otak menjadi satu di antara sekian kanker yang paling banyak diperbincangkan. Tak hanya tentang penyebab kanker otak yang sangat beragam, biaya pengobatan yang tinggi membuat perbincangan tentang kanker ini semakin hangat. Apalagi jika mengingat fungsi otak yang sangat vital bagi manusia.

Namun pernahkah Kamu bertanya-tanya apa saja yang sebenarnya menjadi penyebab kanker otak?

Penyebab dan Gejala Kanker Otak

Simaklah beberapa gejala kanker otak berikut ini:

  1. Kebiasaan Makan yang Tak Sehat

Makanan yang tak sehat menjadi pemicu hampir semua jenis penyakit, termasuk kanker otak. Apa yang dimaksud dengan kebiasaan makan yang tak sehat adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan instan dan berpengawet buatan.

Kurangnya asupan bergizi seimbang bagi tubuh bisa pula menjadi penyebab dari kanker otak. Pasalnya kurangnya asupan bergizi seimbang akan membuat daya tahan tubuh jadi lebih rentan.

  • Terlalu Sering Terkena Paparan Bahan Kimia

Kamu yang dalam aktifitas sehari-hari sering terkena paparan bahan kimia harus waspada terhadap resiko kanker otak. Contoh paparan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan adalah polusi pabrik.

Selain asap dan berbagai jenis polusi yang sarat bahan kimia, mengkonsumsi produk kesehatan atau produk lain dalam jangka panjang juga berbahaya. Misalnya mengkonsumsi vitamin atau obat-obatan, terutama yang belum terbukti aman secara medis.

  • Masalah Hormon

Hormon bukanlah hal yang mudah dikendalikan. Sayangnya ketidakseimbangan hormon ini bisa turut menjadi pemicu kanker otak. Jika kanker yang diderita disebabkan oleh masalah hormon maka biasanya bisa terdeteksi sejak dini.

Baca Juga :   Tips Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat dan Baik

Sebuah studi menemukan bahwa perempuan berpotensi lebih tinggi terkena kanker. Fakta itu tak mengherankan karena perempuan memang lebih sering mengalami ketidakseimbangan hormone, terutama pada saat menstruasi.

Selain mengetahui apa-apa saja yang menjadi penyebab kanker otak, Kamujuga harus mengetahui gejala yang biasa ditimbulkan oleh kanker otak. Pelajari gejala-gejala berikut agar Kamu bisa lebih waspada:

  • Sakit Kepala Akut

Sakit kepala menjadi penyakit yang sering disepelekan. Cobalah lebih waspada, terutama jika sakit kepala terasa sangat parah dan terjadi dalam intensitas yang cukup sering. Sakit kepala sebagai gejala kanker otak pasti akan terjadi berulang-ulang dan sampai mengganggu aktifitas.

  • Kejang

Beberapa penderita menunjukkan gejala kejang. Kejang pada penderita kanker bukan hal yang aneh mengingat otak tertekan oleh semacam benjolan. Kejang ini biasanya berlangsung dengan tiba-tiba. Lekas periksakan diri ke dokter jika Kamu atau orang terdekat mengalami gejala ini.

  • Mengalami Masalah Keseimbangan

Masalah keseimbangan yang terjadi di sini adalah penderita sering terjatuh tanpa alasan yang jelas atau kesulitan berjalan lurus. Hal ini terjadi karena pastilah ada saraf otak yang terganggu oleh adanya sel kanker.

Kamu dan semua orang tentunya tak ingin menjadi penderita kanker otak. Langkah awal yang harus dilakukan untuk melindungi diri adalah menghindari penyebab kanker otak sebagaimana yang sudah disebutkan di atas. Selain menghindari penyebab kanker otak di atas, penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini bisa pula dicegah dengan cara mengendalikan stress, mengurangi konsumsi makanan yang dibakar atau diasap, dan melakukan medical check up secara rutin.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply