Perbedaan antara Pertamax, Pertalite, dan Premium..

Konsumen saat ini dihadirkan pilihan bahan bakar yang makin beragam. Tidak sedikit pengguna BBM Pertamina yang masih bingung antara Premium, Pertalite dan Pertamax. Ketiga varian tersebut punya beda oktan yang tipis (Premium : 88, Pertalite : 90, Pertamax : 92). Lantas bagaimana membedakan performa ketiganya.

Menurut Tri Yuswidjajanto, Dosen Teknik Mesin ITB yang jug a menjadi tim peneliti Pertalite sebelum diluncurkan, sebenarnya spesifikasi RON 90 sudah ada sejak lama, dan harus memenuhi beberapa kriteria.

”Spek sudah jadi keputusan teknis, harus diikuti. Premium adalah bahan bakar yang tidak ada aditif. Sementara Pertalite ada aditif khusus, yang tentu tidak secanggih dan serumit pada Pertamax maupun Pertamax Plus,” kata Yus seperti diberitakan KompasOtomotif, Jumat (24/7/2015).

Bensin yang layak digunakan minimal memiliki syarat ”durable”. Bensin tidak boleh menimbulkan gangguan macam apa pun dalam jangka waktu tertentu. Premium memenuhi syarat ini. Grade selanjutnya adalah Irit. Di sinilah Pertalite bermain.

”Tagline ’Melaju Lebih Jauh’ bukan pepesan kosong. Kami sudah mencoba, dan memang bisa menghemat antara 10 persen hingga 16 persen dibandingkan premium. Memang akan lebih mahal saat bertransaksi, namun coba hitunglah jarak yang bisa ditempuh, baru bisa merasakan manfaat tekno ekonominya,” kata Yus.

Ditambahkan Yus, dalam pengujian, didapati Pertalite juga lebih bersih. Injektor tak cepat logging, katup tak lekas kotor, dan ruang bakar minim ngelitik. ”RON 90 seperti Pertalite tidak sekadar durable, tapi harus memenuhi kriteria ekonomis,” kata Yus.

Lalu kriteria ketiga adalah performa. Kalau ingin mendapatkan kriteria ini, Yus menyarankan tidak boleh nanggung. Pakai bensin RON 92 atau 95.
kompas.com

(Visited 1 times, 1 visits today)
Baca Juga :   ATM Beras Pertama di Kota Bandung Yang Bikin Heboh

Leave a Reply