Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit/ATM

Apakah anda Pernah bertanya, sebenarnya apa perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit? Kedua kartu ini sama-sama bisa digunakan untuk gesek belanja pun bisa dengan menggunakan kedua kartu ini. Atau jika ingin tarik tunai melalui mesin ATM? Keduanya pun juga bisa. Lalu apakah yang menjadi perbedaan dari kedua kartu ini?

Perbedaan yang cukup jelas dari keduanya bisa anda simak di bawah ini. Mulai dari kelebihan kartu hingga kekurangan dari masing-masing kartu.

– Kartu Debit

Kartu Debit merupakan sebuah kartu elektronik yang biasa digunakan untuk menggantikan pembayaran secara tunai atau cash. Sumber dana yang ada pada kartu debit ini adalah berasal dari saldo tabungan kita sendiri. Lalu apa kelebihan dari kartu debit ini?

1. Cara untuk mendapatkan kartu debit juga lebih mudah dan gampang. Pengajuan kartu juga tidak membutuhkan waktu lama dengan syarat yang tidak terlalu banyak pula. Kita hanya diminta untuk mengisi formulir dengan foto kopi identitas diri atau KTP.

2. Penarikan dana yang praktis. Anda dapat melakukan penarikan dana secara tunai diberbagai mesin ATM. Namun, penarikan tunai bergantung berapa saldo yang ada di dalam rekening pribadi kita.

Kekurangannya ialah :

1. Dana pasti terbatas, maksudnya adalah dana yang bisa digunakan terbatas karena sesuai dengan jumlah saldo yang dimiliki. Jika saldo tabungan habis maka anda pun tidak dapat menggunakannya untuk bertransaksi tarik tunai atau belanja.

2. Promo yang ditawarkan bank tidak terlalu banyak. Hal ini kurang menguntungkan bagi anda yang menanti diskon  di pusat-pusat perbelanjaan, ataupun situs belanja online.

Apakah sudah tahu kelebihan dan kekurangannya? Jika sudah, marilah kita simak juga kelebihan dan kekurangan kartu kredit.

Baca Juga :   Hati-hati Apply Kartu Kredit Online Sebelum Baca Tulisan Ini

– Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu kartu yang sangat ajaib. Mengapa bisa dikatakan ajaib? Dikarenakan kita bisa menggunakan kartu kredit ini tanpa harus menabung terlebih dahulu seperti pada kartu debit. Namun, dana yang kita gunakan ini pada kartu kredit ini adalah dana dari pihak bank dan pastinya harus dibayarkan setiap bulannya. Berikut adalah kelebihan kartu kredit:

1. Penawaran promo promo yang cukup banyak bisa kita nikmati. Penawaran ini bisa dinikmati untuk menghemat sebagian pengeluaran anda setiap bulan. Ada juga penawaran cicilan dengan bunga 0%, dan ini merupakan salah satu penawaran yang paling banyak dicari pengguna kartu kredit. Dengan memanfaatkan cicilan 0%, anda dapat menikmati beberapa produk, maupun cicilan pembelian tiket online pesawat dengan sistem pembayaran cicilan tanpa bunga.

2. Reward atau Cashback, bagi para pengguna kartu kredit adanya reward pasti maupun cashback tersebut bisa anda dapatkan dari jumlah nilai transaksi yang digunakan.

Kekurangannya adalah :

1. Kartu kredit menerapkan bunga yang sangat tinggi bagi para pengguna yang telat membayar. Jadi sebaiknya ketika anda menggunakan kartu kredit, segera lunasi tagihan anda secara tepat waktu.

2. Adanya biaya tarik tunai di ATM. Biayanya sekitar 4% atau sekitar 50.000 (tergantung dari kebijakan masing-masing bank penerbit kartu) biaya tersebut dikenakan ketika anda melakukan tarik tunai melalui mesin ATM.

Bagaimana? Apakah Sudah cukup gambaran umum mengenai kartu debit dan kartu kredit yang anda gunakan, Semoga bermanfaat

(Visited 1,286 times, 1 visits today)

2 Responses

  1. author

    Afifah2 years ago

    saya beli di toko online pake kartu debit gagal terus gan. padahal saldo mencukupi untuk membayar. kira-kira ada solusi untuk hal tersebut tidak gan?

    Reply
    • author
      Author

      Dede Nandang2 years ago

      jika menggunakan kartu debit harus sudah di daftarkan terlebih dahulu pada bank kartu debit di terbitkan, setelah di daftarkan biasanya besok sudah bisa digunakan. bisa di jelaakan kartu debit apa yang anda gunakan?

      Reply

Leave a Reply