Ketahuilah Perbedaan Smart TV dan Android TV Sebelum Membelinya

Semakin berkembangnya teknologi, membuat semua semakin canggih. Bahkan televisi yang fungsi awalnya hanya untuk menonton sinetron atau acara lain sudah sangat multifungsi.  Teknologi  yang disediakan oleh stasiun televisi dalam negeri maupun luar negeri semakin berkembang. Artikel kali ini akan mengulas tentang perbedaan Smart TV dan Android TV. Berikut informasinya:

1. Fitur

Smart TV merupakan televisi keluaran terbaru. Kini tidak hanya bisa digunakan untuk menonton acara yang disediakan oleh stasiun televisi saja, namun bisa juga digunakan untuk kegiatan lainnya. Seperti mengakses internet, menonton channel pada youtube, mengakses aplikasi yang sudah terdownload, serta berbagai fitur yang lainnya.

2. Perbedaan Secara Fisiknya

Perbedaan Smart TV dan Android TV ini adalah dalam bentuk fisiknya. Jika Smart TV memiliki fisik dan dengan fitur canggih yang dapat dinikmati oleh pemilik, beda dengan Android TV yang hanya bisa di akses melalui sebuah sistem dan tidak berupa fisik atau bentuk. 

3. Kecanggihan Smart TV

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa Smart TV memiliki fitur canggih yang televisi biasa tidak memiliki fitur tersebut. Namun, perbedaan Smart TV dan Android TV  paling mencolok ini adalah Smart TV memiliki sistem perintah tambahan yang dapat dilaksanakan layaknya personal computer.

Pada Smart TV yang sudah terkoneksi dengan internet, pemilik dapat menikmati menonton streaming film apapun yang bisa dilakukan lewat situs tertentu. Adapun kelebihan lainnya adalah dapat melakukan browsing internet. Dengan Smart TV ini masih terbilang susah digunakan dan lebih mudah menggunakan personal komputer itu sendiri.

4. Kecanggihan Pada Android TV

Perbedaan Android TV dan Smart TV  yang selanjutnya adalah Android TV diluncurkan pertama kali oleh sebuah browser Google. Meskipun hanya bisa dinikmati melalui smartphone tetapi peminatnya sangatlah banyak hingga saat ini. Peminat sangat banyak karena dengan fitur tambahan yang disediakannya.

Selain itu Android TV juga memiliki berbagai macam seri yang membuat pengguna merasa nyaman menikmatinya. Seri tersebut bermaksud bisa digunakan melalui smartphone ataupun melalui tablet.  Serta menyesuaikan tipe android. Aplikasi ini dapat di download melalui aplikasi khusus download pada smartphone maupun tablet.

Namun kelemahannya adalah tidak bisa dengan bebasnya mengunduh semua macam aplikasi bisa di install pada aplikasi Android TV. Selain ini memiliki kelebihan yaitu dapat bebas mengakses pada software khusus download aplikasi android.

5.  Penginputan Suara 

Kelebihan lain dari Android TV  yaitu dapat menginput sebuah perintah melalui suara. Selain itu juga dapat menikmati fitur Bluetooth yang disediakan Android TV yang kemudian dihubungkan dengan mouse, keyboard, dan bahkan aplikasi remote control sampai aplikasi lainnya yang dapat dihubungkannya. Hal ini tidak dimiliki oleh Smart Tv.

6. Dapat Dikoneksikan Perangkat Lain

Perbedaan Smart TV dan Android TV yang terakhir adalah Android TV dapat memunculkan hasil pencarian dari youtube maupun perangkat lainnya seperti halnya Smartphone maupun laptop. Perangkat yang tidak dapat diakses pada Smart TV bisa di akses pada Android TV.

Sebelum nantinya salah pilih, lebih baik di perhatikan dengan seksama dulu fitur yang ditawarkan. Mana yang lebih penting dan lebih dibutuhkan pengguna. Jadi bagaimana? Lebih tertarik dengan fitur yang disediakan Smart TV atau Android TV?

Diatas merupakan ulasan tentang perbedaan Smart TV dan Android TV yang bisa di pertimbangkan sebelum membelinya. Semua fitur yang disediakan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Tinggal perseorangannya saja yang lebih minat dengan yang mana. Sekian dan semoga bermanfaat.

  

 

(Visited 400 times, 1 visits today)
Tags:

One Response

  1. author

    lintar2 weeks ago

    oh jdi beda ya smart tv sama android tv.. aku pikir sama

    Reply

Leave a Reply