Istilah ‘don’t judge book by its cover’ sepertinya sudah tak relevan kalau Anda melihat perkembangan di dunia desain grafis. Keterampilan menerjemahkan informasi dalam bentuk visual justru sedang dibutuhkan dalam produksi penerbitan buku cetak maupun digital (e-book). Bahkan sekarang sudah ada template desain cover buku yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan sampul yang diidamkan.

Ya, keberadaan template membantu orang-orang yang belum terlalu terampil memakai program atau software seperti Photoshop atau CorelDraw untuk menghasilkan sampul impresif. Anda pun hanya perlu mengeluarkan biaya sedikit karena tak akan menyewa jasa desainer grafis.

Peran penting desain pada sampul buku

Anda yang belum memahami pentingnya desain cover mungkin bertanya-tanya sebesar apa peran sampul dalam menerbitkan buku? Dengan mengetahui hal ini, Anda bakal lebih mudah menentukan konsep dalam cara membuat template desain cover buku.

  1. Memancing perhatian calon pembeli. Visual berkualitas bukan hanya menyoal gambar menarik, tetapi juga kesanggupannya dalam memancing atensi calon pembeli. Anda pun harus pastikan komponen-komponen dalam sampulnya mewakili konten buku;
  2. Memperkaya isi review buku. Sebagian besar reviewer biasanya memfokuskan isi ulasannya pada cerita atau pembahasan dalam buku. Namun dengan sampul menarik, mereka biasanya akan mengaitkan maknanya dengan isi buku yang bakal memperkaya isi review tersebut;
  3. Mewakili isi buku lewat visual. Jika blurb bertugas memberikan gambaran isi buku lewat teks, maka sampul bisa mengambil peran yang sama lewat visual. Anda dapat menampilkannya lewat warna, jenis huruf, hingga simbol-simbol tertentu;
  4. Memuat informasi seputar buku. Judul, nama penulis atau pengarang, hingga nama penerbit adalah sejumlah informasi krusial yang bisa langsung Anda dapatkan dari sampul. Jadi, jangan sepelekan template desain cover buku yang dibuat agar informasi ini bisa ditangkap pembaca.

Merancang desain cover buku berbasis PowerPoint

Nah, sudah paham dengan peran-peran yang diemban desain sampul buku? Lalu, bagaimana kalau Anda termasuk orang yang belum memahami cara mengoperasikan program desain atau editing seperti Photoshop? Tenang, karena ternyata ada satu program Office dari Microsoft yang bisa Anda manfaatkan: PowerPoint.

Siapa sangka PowerPoint yang selama ini dipakai untuk mengolah slide presentasi ternyata dapat dimanfaatkan untuk merancang cover buku yang menjual? Anda juga tak perlu mendesain sampul dari template kosong. Pasalnya, ada Coverin yang siap menyediakan koleksi template premium berbasis PowerPoint yang bisa Anda pakai kapan saja.

Kumpulan template desain cover buku PowerPoint yang diberikan Coverin bisa Anda sesuaikan untuk berbagai genre buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Cara membuatnya pun hanya terdiri atas tiga langkah, yakni:

  1. Memilih template desain cover yang Anda butuhkan dari koleksi Coverin;
  2. Kemudian, edit atau sunting sesuai kebutuhan. Untuk melakukannya, pastikan program PowerPoint yang terinstal di laptop atau PC Anda bisa dijalankan tanpa masalah. Pasalnya, template dari Coverin hanya bisa dibuka dengan program tersebut;
  3. Setelah desain rampung, simpan file-nya atau bisa langsung Anda pakai sebagai sampul e-book yang akan diterbitkan.

Sangat mudah untuk membuatnya, bukan? Coverin juga menyediakan template untuk konten untuk platform seperti Instagram, WhatsApp, hingga Facebook. Dengan template desain cover buku, Anda diharapkan bisa lebih menyadari pentingnya peran sampul dan mengenali elemen-elemen di dalamnya. Dengan begitu, karya Anda akan lebih menjual dan mempunyai nilai estetis yang mengesankan bagi pembaca.

(Visited 20 times, 2 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini