Polres Bulungan-Kalimantan Utara Meluncurkan SIM Online

sim-online.jpg

Untuk memudahkan masyarakat indonesia dalam mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan program SIM dengan sistem Online. Dengan program SIM Online ini, warga yang ingin memperpanjang SIM tak perlu kembali ke daerah asalnya.

Kita cukup datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) yang ada di daerah tentuanya yang sudah terintegrasi SIM Online anda  sudah bisa memperpanjang SIM. Terdapat 45 Satpas Polres yang telah terkoneksi SIM online, salah satunya Satpas Polres Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Polres Bulungan merupakan satu-satunya di Kalimantan Utara yang telah menerapkan pelayanan SIM Online ini.

Adapun Launching pelayanan SIM online dilakukan secara serentak di 45 Satpas Polres yang tersebar di seluruh Indonesia. dan di kabupaten Bulungan sendiri berlangsung di halaman Mako Polres Bulungan Jalan Agatis pada hari Minggu 6 Desember 2015. Layanan SIM Online ini hanya berlaku untuk perpanjangan ataupun  alih golongan, bukan untuk pembuatan SIM baru. sedangkan untuk Pembuatan SIM baru, tetap dilakukan sesuai Tempat Tinggal domisili anda sesuai KTP.

Pemerintah Kabupaten Bulungan tentu merasa bangga karena Bulungan merupakan satu-satunya Kabupaten menerapkan layanan Online ini di Kalimantan Utara.

Apalagi Kaltara merupakan provinsi baru di Indonesia, namun bulungan sudah menerapkan SIM online. Ini merupakan peristiwa pertama yang dirasakan Kaltara, khususnya Bulungan. karena pelayanan SIM online akan mempermudah masyarakat dalam memperpanjang SIM, yang tak harus repot-repot pulang ke daerah asalnya.

Misalnya, warga Surabaya atau Banjarmasin ingin perpanjang SIM, cukup membawa KTP dan SIM lama. Lalu masukkan nomor SIM lama dan bisa terdeteksi di database dan langsung bisa dicetak di tempat. Dijelaskan juga, SIM merupakan syarat wajib yang harus dimiliki pengendara selain surat dan kelengkapan lainnya. SIM juga harus dimiliki pengendara sepeda motor dari kalangan pelajar yang sudah sesuai umur yakni 17 tahun.

Baca Juga :   Inilah Perbedaan SIM Keliling dengan SIM Online?

Artikel Terkait SIM Online :

(Visited 451 times, 1 visits today)

One Response

  1. author

    CaraSim1 year ago

    akhirnya ketemu juga
    tempat sim yang dicari dari tadi
    terima kasih ya

    Reply

Leave a Reply