Samsung Pay – Sistem Pembayaran Digital Milik Samsung

Selain mengumumkan Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus, Samsung juga memperkenalkan sistem pembayaran digital milik mereka, Samsung Pay.

Samsung Pay hadir untuk menantang sistem pembayaran Apple Pay dan Android Pay yang sudah lebih dulu hadir, dan layanan ini tersedia secara ekslusif hanya di tipe-tipe tertentu ponsel Samsung.

Samsung Pay rencananya akan dirilis di Korea Selatan, kampung halaman Samsung, pada 20 Agustus 2015. Kemudian dilanjutkan ke Amerika Serikat pada 28 September 2015.

Injong Rhee, Samsung EVP and head of Samsung Pay mengatakan, layanan tersebut juga akan secepat mungkin dihadirkan ke negara lain seperti Inggris, Spanyol dan China.

“Samsung Pay adalah inovasi brilian yang membuat sistem pembayaran kami bisa bekerja di toko manapun,” kata Rhee, saat memperkenalkan Samsung Pay di acara Samsung Unpacked, New York, AS.

Klaim tersebut memang cukup beralasan. Pasalnya, Samsung Pay punya mekanisme yang agak berbeda dengan kebanyakan sistem pembayaran elektronik lainnya.

Untuk menggunakan layanan ini pertama-tama pengguna harus mendaftarkan kartu kredit yang ingin digunakan. Setelah itu baru, ponsel bisa dipakai untuk melakukan transaksi di point of sale (PoS) yang mendukung kartu kredit tersebut.

Kehebatan Samsung pay adalah, sistem ini tak memerlukan mesin PoS canggih berbasis NFC, dan sudah kompatibel dengan kebanyakan mesin saat ini. Karena pada dasarnya Samsung Pay hanya memanipulasi cara bayar yang biasanya digesek, menjadi hanya perlu menempelkan ponsel pada mesin PoS. Ini bisa dilakukan karena Samsung menempatkan antena khusus di dalam ponsel untuk transaksi tersebut.

Lalu bagaimana soal keamanannya? Global Co-GM of Samsung Pay, Thomas Ko mengklaim antena radio untuk melakukan transaksi tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar tak meninggalkan celah. Jalur transaksi juga akan dienkripsi untuk menghalang para penyadap.

Baca Juga :   Heboh Situs Revolusi Mental dari Anggaran 140 Milyar Hingga di Retas Oleh I3r_cod3

Dengan sistem tersebut Samsung Pay telah mendapat restu dari sejumlah instansi perbankan seperti MasterCard, Visa dan American Express.

“Saya bangga menyebutkan bahwa Samsung Pay ada sistem pembayaran mobile pertama yang didukung oleh penyedia kartu kredit dari berbagai merek,” tambah Rhee.

Sejauh ini Samsung Pay hanya bisa digunakan pada empat ponsel Samsung, yakni Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus.

(Visited 195 times, 1 visits today)

Leave a Reply