Sebelum Membeli Reksadana Cek Terlebih Dahulu Menggunakan IPOTFUND Evaluator

 

IPOTFUND Evaluator membantu memberikan peringkat reksadana sesuai dengan kinerja setiap reksadana secara berkala ditambah dengan faktor-faktor lainnya bahwa bukan hanya faktor imbal hasil semata yang layak menjadi pertimbangan investor tetapi fluktuasi NAV reksadana layak dijadikan pertimbangan dari sisi risiko.

IPOTFUND Evaluator menampilkan Top 10 reksadana berdasarkan ranking nya score yg paling rendah adalah rangking yg pertama, kemudian ada periode nya 3M (3 bulan) , 6M (6 bulan), 9M (9 bulan), 1Y (1 tahun) , dst,

  • %Chg NAV : menggambarkan perubahan atau pergerakan NAV dari NAV terakhir dibandingkan dengan suatu periode (bisa 1 bulan, 3 bulan, 1 tahun atau dapat dipilih sendiri).
  • Sharpe : Menunjukan suatu perbandingan antara return terhadap resiko. Jadi nilai Sharpe Ratio semakin besar adalah semakin baik. Kalau sharpe Ratio minus adalah dikarenakan returnnya minus. Semakin besar nilai sharpe ratio, artinya makin baik, karena rata-rata pergerakan imbal hasilnya lebih besar dari risk free rate dan standar deviasi relatif rendah. Rumusnya adalah Imbal hasil portfolio dikurangi Risk Free Rate dibagi dengan standart deviasi.
  • %Drawdown : menggambarkan pergerakan pada saat NAV turun ke bawah yang terparah dalam periode yang ditentukan. Apabila nilainya 0,20 berarti tingkat penurunannya pada periode tertentu tersebut 20% dari nilai investasi awal. Sedangkan Drawdown periode adalah periode penurunan yang harus dialami investor yang memiliki reksa dana bersangkutan dalam masa DrawDownnya.
  • Hist. Risk atau history risk/resiko historical nya ada yang High/tinggi, Avg(average=rata²) dan Low/rendah
  • AUM (assets under management) adalah dana kelolaan suatu MI, nilai AUM yang besar menunjukkan kalau reksadana itu mendapat kepercayaan lebih sehingga banyak nasabah yang menginvestasikan uangnya. Selain itu, reksadana dengan nilai AUM yang besar akan lebih fleksibel dalam penempatan portofolio investasinya karena lebih banyak dana yang bisa ditempatkan. Bapepam (Red OJK) sendiri mensyaratkan minimum AUM sebesar Rp25Milyar.
Baca Juga :   Reksadana Danareksa Investment Management Sekarang Tersedia di IpotFund
Sebagai ilustrasi, kita ambil Reksadana Saham (Equity Fund)https://www.indopremier.com/ipotfund/evaluator.php  Pada halaman tersebut dapat terlihat berdasarkan NAV Performance produk reksadana “MNC Dana Ekuitas” memiliki keunggulan dengan Score 32. Semakin kecil score yang dimiliki berarti semakin bagus performance reksadana tersebut, karena score yang dilihat adalah berdasarkan score NAV per 6 periode yaitu 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun.

Reksadana “MNC Dana Ekuitas” per 3 bulan berada pada peringkat ke-1, maka diberikan score senilai 1, kemudian per 6 bulan berada pada peringkat ke-2 maka diberikan score senilai 1, begitu seterusnya. Kemudian dijumlahkan Top NAV per masing-masing periode tersebut maka akan diperoleh Score secara keseluruhan.

 

 
Artikel Terkait Reksadana Online IPOTFUND :

(Visited 36 times, 1 visits today)

Leave a Reply