Sejarah Munculnya Kartu Kredit Di Dunia

Awal mula

Sekitar tahun 1900an, perusahaan minyak dan department store mengeluarkan produk kartu milik mereka sendiri. Menurut Stan Sienkiewicz, kartu-kartu tersebut hanya diterima di perusahaan dan department store yang menerbitkan kartu itu. Gunanya, yaitu untuk menumbuhkan kesetiaan pelanggan.

Charg-It
Kartu kredit yang pertama, yaitu “Charg-It”. Dalam sejarah kartu kredit, Charg-It adalah yang paling tua, dikeluarkan tahun 1946 oleh John Biggins, seorang banker di Brooklyn. Mekanisme penggunaan kartu sama seperti kartu kredit modern. Pelanggan membayar ke merchant dengan kartu Charg-It, kemudian merchant akan menagihkan pembayaran ke bank milik Biggins. Sebagai gantinya, bank akan menagih ke pelanggan. Dengan demikian, tentu saja pemegang kartu kredit ini harus mempunyai akun rekening di bank milik Biggins.

Diners Club
Frank McNamara, seorang pebisnis yang lupa membawa uang saat business dinner dengan klien, di Major’s Cabin di New York. Kejadian memalukan ini membuat McNamara dan sang partner, Ralph Schneider, kembali ke Major’s Cabin Grill di tahun 1950 untuk membayar tagihan dengan menggunakan kartu kecil dari karton. Kartu ini adalah Diners Club Card dan ini adalah awal mula kartu digunakan untuk wisata dan hiburan.

10 tahun kemudian, bahan kartu yang awalnya karton diganti plastik. Pembayaran dengan Kartu Diners Club memakai sistem kredit, artinya tagihan harus dibayar penuh di tiap-tiap akhir bulan.

American Express
Tahun 1958, American Express mengeluarkan kartu kredit berwarna ungu untuk kebutuhan wisata dan hiburan. Setahun kemudian, American Express memperkenalkan kartu kredit yang berbahan plastik.

Pada tahun 1990, perusahaan memperluas kegunaannya menjadi kartu multifungsi. American Express sering disebut Amex. Menurut Sienkiewicz, baik American Express maupun Diners Club memakai sistem ‘loop tertutup’, sistem ini artinya penerbit memberi izin dan memegang semua aspek transaksi dan berhubungan langsung dengan pelanggan dan pedagang.

Baca Juga :   Cara Melindungi Kartu Kredit Dari Bahaya Pencurian

Bank Americard
Dikeluarkan pertama kali pada tahun 1958 oleh Bank of America. Oktober 1959, kartu kredit Bank Americard telah diterima di lebih dari 200.000 merchant. Akan tetapi, meskipun sukses menggaet nasabah, tapi perusahaan terus merugi karena kepercayaan berlebihan kepada nasabah menimbulkan banyak penipuan di mana-mana.

Perusahaan berusaha bangkit dari keterpurukan dengan menyebarluaskan produk kartunya ke luar California, sebagai respon dari kompetitor baru mereka yaitu MasterCharge. Kartu Kredit Bank Americard sekarang kita kenal dengan nama Visa.

MasterCharge
Tahun 1966, sekelompok bank penerbit kartu kredit bergabung membentuk asosiasi InterBank Card. ICA sekarang dikenal di dunia sebagai MasterCard, walaupun pernah juga dikenal sebagai MasterCharge.

Jika Diners Club Card dan American Express memakai sistem loop tertutup, maka Bank Americard (Visa) dan MasterCharge (MasterCard) menggunakan sistem loop terbuka. Loop terbuka membutuhkan kerjasama antar bank dan transfer uang.

Discover
Kartu berikutnya adalah Discover Card, yang aslinya bagian dari Sears Corporation. Discover pertama kali diluncurkan tahun 1986. Pada awalnya Discover Card berusaha menciptakan merek baru dengan jaringan perdagangan sendiri, dan perusahaan pun telah sukses mengembangkan penerimaan para pedagang. Akan tetapi, Sears Corporation terus menerus menemui kesulitan dan akhirnya menerima Visa dan MasterCard juga.

Artikel Terkait Kartu Kredit :

Baca Juga :   Pahami Program Kartu Kredit Cicilan 0%

(Visited 325 times, 1 visits today)

Leave a Reply