Berikut Manfaat Senam Ibu Hamil 9 Bulan Beserta Contoh Gerakannya

Hamil merupakan cita-cita semua wanita setelah menikah. Lalu bagaimana upaya untuk menjaga fisik maupun kandungan tetap sehat? Dengan senam bisa membuat ibu hamil sehat bahkan saat 9 bulan sekalipun. Artikel kali ini akan mengulas tentang manfaat senam ibu hamil 9 bulan beserta contoh gerakannya.

Manfaat Senam Pada Ibu Hamil

Manfaat senam bagi ibu hamil sangatlah banyak. Bahkan kegiatan ini sangat dianjurkan untuk membuat ibu dan bayi sehat selalu. Beriku beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

  • Meningkatkan kebugaran pada tubuh. Stamina dan kesehatan adalah yang diutamakan untuk proses persalinan nantinya. Senam ini bisa membantu menjaga serta meningkatkan kebugaran tubuh pada ibu hamil trimester terakhir. Selain kebugaran tubuh manfaat lainnya adalah dapat mengurangi nyeri pada punggung yang biasanya dikeluhkan.
  •  Mengurangi resiko komplikasi kehamilan. Manfaat Senam Ibu Hamil 9 Bulan yang kedua adalah dapat membantu memperlancar persalinan normal, mengurangi resiko kelebihan berat badan pada bayi, serta ancaman diabetes pada ibu hamil. Serta dapat mengurangi resiko lainnya.
  • Mengurangi stress. Ibu hamil rentan terkena stress ketika memiliki banyak pikiran. Upaya yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan metode senam di sela – sela waktu luang. Selain itu manfaat dari senam ini juga dapat mengurangi resiko depresi ketika nanti sesudah persalinan.
  • Membuat tidur lebih nyenyak. Bagi ibu yang sudah dalam fase hamil tua, susah tidur banyak dialami terutama pada malam hari. Dengan senam dapat membuat tidur malam menjadi nyenyak. Bila tidur sudah dapat nyenyak maka resiko stress pun tidak akan terjadi.
  • Memperlancar persalinan. Sebagian wanita memimpikan melahirkan secara normal. Dengan senam tidak hanya persalinan normal saja yang didapat. Juga dapat mempersingkat waktu persalinan. Dengan senam juga dapat mengurangi keluhan seperti sembelit, kembung, serta peradangan pada tubuh yang biasanya muncul ketika akan proses persalinan.

Contoh Senam untuk Ibu Hamil

 

Setelah mengetahui manfaatnya, rasanya kurang jika tidak ada contoh gerakan senamnya yang bisa langsung dipraktekkan ketika ada waktu luang. Berikut merupakan contoh gerakan senam untuk ibu hamil 9 bulan:

1. Senam Mode Kegel

Bermanfaat untuk menguatkan otot pada bagian panggul bawah.  Dengan cara ini bisa membuat ibu hamil lebih siap ketika dalam proses persalinan. Sebelum melakukannya perlu mengetahui letak otot panggul terlebih dahulu.  Lakukanlah peregangan terlebih dahulu, baru kemudian masuk ke bagian inti gerakan.

Kencangkan otot pada bagian panggul selama kurang lebih 5-10 detik. Lalu buat otot yang dikencangkan tadi  menjadi rileks. Ulangi gerakan ini hingga 10 sampai 20 kali, dan jangan tahan nafas. Jangan gerakkan bagian kaki, bagian pinggul, serta pada bagian perut.

2. Senam Panggul untuk Ibu Hamil

Selain melatih otot panggul bawah seperti di atas. Melatih otot punggung juga penting dilakukan dengan metode senam panggul ini. Dengan senam ini keluhan seperti punggung pegal akan teratasi. Berikut cara melakukan senamnya. Pertama-tama, Posisikan badan merangkak di atas matras. Angkatlah kepala serta mendongak ke depan, namun leher tetap renggang dan memanjang.

Luruskan tangan agar posisi sejajar dengan bahu. Pergelangan tangan berada di bawah bahu dan lutut berada pada bagian bawah pinggul. Lakukan tarik nafas yang dalam saat sedang mendorong perut ke lantai. Saat sedang melakukan gerakan dorong perut ke depan, pastikan posisi kepala, leher, serta dada tetap ke depan.Tahan gerakan ini selama 3-5 detik kemudian hembuskan nafas.

3. Senam Squat untuk Hamil Tua

Merupakan senam ibu hamil 9 bulan yang terbilang mudah dilakukan serta dapat dilakukan kapanpun. Dengan senam ini dapat mengurangi nyeri pada punggung bagian bawah.  Caranya, posisikan badan berdiri tegak, lebarkan kaki hingga posisinya sejajar dengan bahu dan dengan punggung.

Posisi kedua telapak tangan disatukan kemudian letakkan di bagian depan dada. Secara perlahan, tekuk bagian kaki secara perlahan hingga menjadi posisi jongkok. Lepaskan tangan serta pegang lutut dan beri ruang untuk perut. Pertahankan posisi tersebut dan tetap jaga keseimbangan pada tubuh.

4. Senam Seperti Pose Tailor

Senam ini juga terbilang mudah untuk dilakukan ibu hamil, bahkan berkali-kali pun. Bermanfaat untuk otot panggul, pinggul, dan otot dada.  Pertama, duduklah di matras lalu tekuk lutut, setelah itu bagian telapak kaki harus saling menempel.

Luruskan bagian punggung dan posisikan wajah menghadap lurus ke depan. Peganglah bagian pergelangan kaki, lalu tarik kaki mendekati tubuh secara perlahan. Tariklah nafas serta arahkan perut secara perlahan ke bagian depan, dan posisikan kedua tangan pada lutut. Tahan selama 5 detik kemudian buang nafas.

Dengan metode senam ibu hamil 9 bulan dapat menyehatkan serta mempermudah persalinan. Informasi ini sudah beserta contoh gerakannya yang mudah dapat dapat dengan gampang untuk dicoba. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

 

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply