Siapapun Orang Tua Kamu, Jangan Pernah Membenci, Hormati Mereka

Semua orang tahu yang namanya orang tua sudah seharusnya dihormati. Namun, banyak juga yang membenci orang tuanya mungkin karena orang tuanya sibuk, pemabok, penjudi, mungkin menggunakan obat terlarang, mungkin juga karena orang tuanya tidak bisa memenuhi apa yang dia mau, atau mungkin baginya orang tuanya membuatnya malu.

Well, di antara alasan-alasan itu semua, memang susah ya untuk menerima orang tua yang seperti itu. Tapi 1 (satu) hal yang kamu harus sadari bahwa di dalam tubuhmu mengalir darah mereka. Di mana hubungan darah ini tidak akan pernah putus bahkan setelah kamu membencinya.


Jangan pernah bayangkan andai orang tua ku seperti ini seperti itu karena tidak akan ada hasilnya. Hasil yang kamu dapatkan dari perumpaan itu hanyalah impian belaka. Mungkin ketika orang tuamu seperti yang kamu bayangkan, kenyataannya tidak lah membuahkan hasil yang baik.

Misalkan saja, mungkin saat ini orang tuamu ekonominya pas-pasan atau bahkan kekurangan. Lalu kamu berandai-andai kalau saja orang tua kamu kaya raya. Mungkin ketika orang tua kamu kaya raya, mereka akan sibuk dengan bisnis mereka, tidak ada waktu untuk menemanimu tumbuh dewasa. Bisa jadi juga kan?
Atau mungkin ketika orang tua kamu adalah seorang penjudi, pemabok, pengguna obat terlarang, atau mungkin melakukan hal-hal jelek lainnya.

Pastinya kamu akan merasa malu, tapi tidak usah dipungkiri juga bahwa akan ada pikiranmu yang berandai-andai kalau saja orang tua mu adalah seorang yang baik-baik. Mungkin hidupmu tidak perlu memalukan seperti yang kamu alami. Tapi ketika kamu mendapatkan orang tua yang baik-baik, mungkin saja kenyataanya berkata bahwa kamu akan kekurangan di sisi ekonomi. Juga tidak menutup kemungkinan kan?


Tentang orang tua, sebenarnya ntah apakah mereka pernah bersyukur memiliki anak seperti kamu, selain hubungan darah yang tidak bisa terputuskan, ada 1 (satu) hal lagi yang patut kamu sadari, yaitu kamu tidak bisa memilih siapa orang tuamu. Artinya, memiliki orang tua seperti sekarang ini adalah jodohmu dengan mereka. Kalau begitu, apa yang bisa kamu lakukan?


Menerima orang tuamu seutuhnya, jangan membenci mereka walau hidupmu sangat terpuruk. Ntah orang seperti apapun mereka, ada arti hidup yang bisa kamu lihat dan petik dari orang tuamu itu. JIka mereka buruk-seburuknya, pastinya mereka telah melakukan kesalahan di jalan hidup mereka terlebih dahulu. Pastikan kelak kamu tidak akan mengambil langkah itu.


Namun, jika orang tuamu adalah orang baik-baik yang tidak kekurangan apapun baik mental, fisik, dan rohaninya, maka bersyukurlah. Sayangi, cintai, dan berikanlah mereka perhatianmu sepenuhnya. Pastinya hidup mereka juga lelah, namun mereka tidak pernah menyerah demi memberikan kehidupan yang layak kepadamu.


Bila kamu seseorang yang telah ditelantarkan oleh orang tuamu, dengan kata lain, orang tuamu masih hidup di dunia ini, namun mereka mencampakkanmu sendiri. Juga jangan pernah membenci mereka. Kamu tidak akan pernah tahu alasan mereka mencampakkanmu, mungkin mereka memiliki alasan yang sangat sulit untuk terus mempertahankan kamu di sisi mereka.


Namun, apabila alasan menelantarkanmu juga sudah kamu ketahui, tetap jangan benci mereka jika memang mereka tidak menginginkan kehadiranmu di dunia ini. Karena kamu berharga, mereka tidak menginginkanmu adalah kerugian bagi mereka. Berjanjilah pada dirimu akan menjadi pribadi yang berguna dan membanggakan orang banyak. Dan ingat, jangan ikuti jalan yang mereka ambil dulunya. Kelak hidupmu pasti akan lebih bermakna.

Sumber : Hipwee

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply