Sistem Keamanan Uang Rupiah Baru Merupakan Salah Satu yang Tertinggi di Dunia

34c91db3e6b62047b58c80389befc882-700-0-sistem-keamanan-uang-rupiah-slh-satu-yang-tertinggi-di-dunia-midfk8Bank Indonesia akan menerbitkan Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam waktu dekat. Rupiah baru ini akan menggunakan gambar pahlawan.

Uang kertas Rupiah yang selama ini diterbitkan Bank Indonesia dan yang akan dicetak diklaim menjadi salah satu mata uang yang memiliki tingkat pengamanan tertinggi di dunia.

Level pengamanan uang yang diterapkan Bank Indonesia sudah sesuai dengan ketentuan yang biasa diterapkan diberbagai negara. Hanya saja, tidak semua negara menerapkan semua level yang ‎ada.

Kategori sistem pengamanan uang suatu negara terdiri dari 3 level yaitu, Pertama, Level 1 (terbuka/covered), unsur pengaman yang dapat dideteksi tanpa bantuan alat (3D).

Kedua, Level 2 (semi tertutup/semi covered), unsur pengaman yang dapat dideteksi dengan menggunakan alat yang sederhana seperti kaca pembesar dan lampu ultraviolet (UV).

Sedangkan Ketiga, Level 3 (tertutup/covered), unsur pengaman yang hanya dapat dideteksi dengan menggunakan mesin sortasi yang dimiliki oleh Bank Sentral atau peralatan laboratorium/forensik.

Sehubungan dengan hal tersebut dan mempertimbangkan aspek keamanan, setiap uang suatu negara memiliki jenis fitur/unsur pengaman yang berbeda.

Selain itu, khusus untuk sistem pengamanan level 3, uang suatu negara umumnya memiliki ciri khusus yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh bank sentral / institusi penerbit uang.

(Visited 11 times, 1 visits today)
Baca Juga :   7 Jenis Cabai Terpedas di Dunia Yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply