Tabungan Pendidikan Atau Asuransi Pendidikan Mana Yang Harus Dipilih

Bagi sebagian orang tua, masa depan anak merupakan hal yang perlu dipersiapkan sejak dini. Masa depan yang wajib dipersiapkan jauh-jauh hari adalah mengenai pendidikan anak. Sebagian orang bahkan telah mempersiapkan biaya pendidikan anak jauh sebelum si anak lahir. Hal ini dikarenakan orang tua menyadari bahwa biaya pendidikan anak setiap tahunnya semakin meningkat. Terutama pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi.

Orang tua yang ingin memastikan anaknya dapat mengenyam pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi sering dihadapkan pada dua pilihan sulit antara tabungan dan asuransi pendidikan. Tabungan dan asuransi pendidikan memang sama-sama bertujuan untuk menyiapkan biaya pendidikan anak dari SD sampai perguruan tinggi. Tetapi mana yang lebih menguntungkan atau paling pas dipilih?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak perbandingan antara tabungan dan asuransi pendidikan berikut ini.

 

Asuransi Pendidikan

Tabungan dan asuransi pendidikan tentu memiliki banyak perbedaan mendasar. Untuk mengetahui perbedaannya maka mari simak pembahasan mengenai asuransi pendidikan terlebih dahulu. Asuransi pendidikan merupakan suatu produk asuransi yang bergabung dengan motif investasi. Oleh karena itu hasil dari dana asuransi pendidikan yang telah Anda kumpulkan tidak pasti besarnya di beberapa tahun mendatang. Besarnya jumlah dana asuransi kelak tergantung dari situasi pasar investasi. Bila pasar investasi sedang membaik Anda bisa memperoleh hasil klaim asuransi di atas perkiraan. Namun jika ternyata pada saat itu pasar investasi sedang lesu maka hasil klaim asuransi pendidikan bisa jauh di bawah perkiraan.

Sebenarnya antara tabungan dan asuransi pendidikan memang sama-sama memiliki ketidakpastian tetapi ketidakpastian dalam asuransi pendidikan lebih terasa. Meskipun demikian tetapi asuransi pendidikan juga memiliki keuntungan lebih bila dibanding tabungan pendidikan. Asuransi pendidikan banyak dipilih orang tua yang menginginkan manfaat ganda untuk masa depan. Mengapa demikian? Karena dana yang terkumpul dengan asuransi pendidikan akan di investasikan sepenuhnya oleh perusahaan asuransi ke reksa dana.

Baca Juga :   Bank Mandiri KCP Tanjung Selor Mulai Beroperasi Tanggal 8 Desember 2014

Selain itu orang tua sebagai pihak tertanggung asuransi pun akan mendapatkan uang pertanggungan jika pada suatu saat si orang tua mengalami kecelakaan atau musibah yang menyebabkan orang tersebut tidak dapat bekerja lagi untuk membiayai pendidikan anak. Anak akan mendapatkan uang klaim asuransi sekaligus uang pertanggungan.

 

Tabungan Pendidikan

Tabungan dan asuransi pendidikan memang keduanya hampir mirip namun, untuk Anda yang menyukai kepastian, tabungan pendidikan bisa Anda pilih. Hal ini dikarenakan dana yang akan terkumpul dengan tabungan pendidikan pada saat jangka waktu pencairan lebih dapat dipastikan jumlahnya. Dana dalam tabungan pendidikan tersimpan utuh sesuai dengan jumlah setoran yang telah terkumpul tanpa diinvestasikan oleh perusahaan atau bank yang Anda gunakan menabung. Bahkan Anda akan mendapatkan bunga dari tabungan pendidikan tersebut.

Tetapi seperti yang telah dijelaskan bahwa baik tabungan dan asuransi pendidikan pasti memiliki kekurangan. Kekurangan dari tabungan pendidikan adalah dana yang terkumpul akan tergerus oleh inflasi. Jadi misalkan Anda memiliki tabungan 100 juta yang di tahun 2012 dapat digunakan untuk membiayai anak masuk kuliah sampai lulus maka pada tahun 2020 uang sejumlah 100 juta hanya bisa digunakan membiayai anak masuk kuliah sampai beberapa semester saja.

Anda harus benar-benar memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Lalu kekurangan selanjutnya adalah Anda tidak akan mendapat klaim pertanggungan jika terjadi kecelakaan atau musibah yang menyebabkan Anda tidak dapat bekerja untuk membiayai anak sekolah.

Dari kedua penjelasan mengenai tabungan dan asuransi pendidikan di atas tentu Anda sudah tidak bingung lagi dengan perbedaannya bukan?. Agar lebih jelas dalam memilih antara tabungan dan asuransi pendidikan lebih baik konsultasikan kepada perusahaan jasa asuransi maupun bank.

(Visited 91 times, 1 visits today)

Leave a Reply