Tabungan SimPel Khusus Pelajar Kerjasama Bank dan Sekolah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan tabungan khusus pelajar yang diberi nama Simpanan Pelajar atau SimPel. Bagaimana cara mendaftar serta apa saja syaratnya?

Untuk bisa membuka rekening SimPel, sekolah dan perbankan harus menjalin kerjasama. Kemudian siswa bisa melakukan pendaftaran tabungan SimPel pada fasilitas bank mobile yang beroperasi di masing2 sekolah.

Pelajar hanya mengisi sedikit persyaratan yaitu dengan memanfaatkan Kartu Pelajar karena pelajar belum mempunyai KTP. Rekening SimPel sangat menguntungkan para pelajar karena setoran awalnya sangat ringan yakni Rp 5.000.

Selanjutnya pelajar bisa menyetor atau menabung minimal Rp 1.000. Selain memperoleh buku tabungan Simpel secara gratis akan dapat pula kartu ATM, tabungan SimPel dibebaskan dari biaya administrasi bulanan. Untuk menyetor pelajar bisa menabung melalui bank mobile atau pun bisa datang langsung ke bank.

Untuk memonitor pengelolaan dana tabungan, para pelajar hanya diperbolehkan menarik dana dalam tabungan maksimal 4 kali dalam sebulan.

Bank yang berpartisipasi dalam rekening SimPel antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BTN, Bank Jabar-Banten, Bank Permata, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, Bank Jatim, Bank Muamalat, Panin Syariah, BNI Syariah dan BCA Syariah.

Pada Tahapan berikutnya, OJK akan menggandeng seluruh bank baik umum atau syariah untuk terlibat langsung dalam program Tabungan SimPel.

Setiap hari Rabu pada pekan pertama setiap bulan dikenal sebagai hari program rajin menabung. Inilah instrumen untuk gerakan gemar menabung. Hari Rabu disebut hari rajin menabung.

Apa saja manfaat produk Tabungan SimPel?

Bagi Siswa tabungan simpel memberikan edukasi keuangan tentang produk tabungan perbankan.
Mendorong budaya gemar menabung serta melatih pengelolaan keuangan sejak dini.

Manfaat Bagi Orang Tua ialah Memberikan edukasi keuangan tentang produk tabungan dan mengajarkan kemandirian serta kedisiplinan anak dalam mengelola keuangan. Dan juga
Memudahkan para orang tua untuk mengontrol pengeluaran anak.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menghilangkan Blacklist BI Checking

Manfaat Bagi Sekolah ialah menjadikan sarana edukasi praktis keuangan serta perbankan bagi siswa maupun guru.
Selain itu bisa menumbuhkan budaya menabung di sekolah serta mengelola sistem pembayaran yang efektif dan efisien di sekolah.

(Visited 2,439 times, 2 visits today)

One Response

  1. author

    Muhamad Ramdanii7 months ago

    Kalaw misalnya sekolah belum bekerja sama dengan bank apa masih bisa buka bri simpel ya

    View Comment Reply

Leave a Reply