Tambah Daya Listrik PLN Tahun 2016 Bakal Gratis! Ini Dia Prosedurnya.

Buat yang mau tambah daya listrik, ada kabar gembira. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana membebaskan biaya penambahan daya.

Artinya, masyarakat bisa menikmati fasilitas tambah daya listrik gratis! Kebijakan ini ditujukan bagi pelanggan listrik 450 dan 900 volt ampere (VA) untuk naik ke 1.300 VA.

Tapi, belum bisa dipastikan kapan kebijakan ini akan diberlakukan. PLN mengatakan rencana ini masih akan digodok sampai matang, baru kemudian diumumkan.

Meski begitu, rencana ini sudah digaungkan banyak media massa. Menurut Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun seperti dikutip Detik, kebijakan tambah daya listrik gratis itu akan segera diumumkan.

Setelah kebijakan berlaku, tentunya kita sebagai konsumen listrik yang berniat tambah daya ke 1.300 VA bakal sangat terbantu. Biaya reguler untuk tambah daya listrik dari 450 ke 1.300 VA sebesar Rp 797.000.

Sedangkan dari 900 VA biaya tambah dayanya Rp 375.000. Lumayan kan, duit yang bisa diirit?

Duit bisa dipakai buat tambahan bayar sekolah anak. Atau mungkin ditabung untuk kebutuhan pada masa mendatang.

tambah-daya-gratis

Syarat Tambah Daya Listrik Gratis
Walau kebijakan ini baru rencana, gak ada salahnya kita menyiapkan syarat dulu. Menurut info dari nomor 123 milik PLN, syarat untuk tambah daya antara lain:

  1. Fotokopi kartu tanda penduduk/surat izin mengemudi 2 lembar
  2. Materai Rp 6.000 2 lembar
  3. Nomor pelanggan atau nomor rekening listrik
  4. Surat kuasa bila mengutus perwakilan
  5. Fotokopi pemegang surat kuasa (jika pakai surat kuasa)
  6. Bukti pembayaran rekening terakhir

 

Jika melihat syaratnya, ini berlaku hanya buat pelanggan lama. Jadi, kalau baru daftar langganan listrik, gak bisa memakai fasilitas ini.

Selain itu, harus disiplin bayar tagihan listrik tiap bulan. Kalau yang biasa nyuri listrik, jangan harap juga bisa ikut program ini.

Baca Juga :   Cara Membeli Token Listrik Prabayar di Sepulsa.com Gratis 3 Buah Voucher Belanja

Program tambah daya listrik gratis dari PL N ini salah satu tujuannya memang mencegah warga mencuri listrik. Sebab, listrik 450 dan 900 VA itu disubsidi pemerintah. Yang berhak memakainya hanya masyarakat tertentu yang belum sejahtera.

Banyak orang yang berlangganan listrik 450 dan 900 VA tapi udah punya rumah sendiri, punya mobil, hidupnya enak. Untuk mengakali agar daya yang terpakai bisa banyak, mereka menyiasati alat batas daya dan pengukuran energi.

Jadi, daya yang bisa dipakai di rumah bisa lebih dari 900 VA. Tapi, tagihan per bulan tetap dapat subsidi dari pemerintah.

Selain curang, cara itu berbahaya. Sebab, pemakaian alat selain dari PLN bisa merusak komponen yang asli. Salah satu penyebab kebakaran di Jakarta, ya pencurian listrik semacam ini.

Cara Mengajukan
Kalau sudah yakin memenuhi syarat di atas, tinggal siap-siap mengajukan permohonan. Program tambah daya listrik gratis ini dijamin bebas pungli alias pungutan liar, lho. Soalnya semua proses online.

Cara mengajukan tambah daya ini sama dengan cara biasa. Begini tahapannya:

  1. Buka situs PLN di www.PLN.co.id
  2. Klik “Pelanggan” di bagian atas, lalu “Layanan Online”
  3. Di kolom kiri, cari tulisan “Perubahan daya/migrasi”, lalu klik
  4. Akan muncul halaman persetujuan berisi pasal-pasal soal listrik.
  5. Setelah baca dan paham, klik “Setuju”
  6. Isi identitas diri sesuai dengan kolom yang tersedia, kemudian klik “Simpan Permohonan”
  7. Setelah proses itu, kita akan dikirimi e-mail berisi info pembayaran
  8. Kita bisa memilih mau bayar lewat bank, kantor pos, atau langsung ke loket PLN
  9. Setelah membayar, tinggal tunggu petugas PLN datang untuk mengganti meteran listrik

Fasilitas ini mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pemerintah udah berbaik hati membantu meringankan biaya tambah daya listrik. Bahkan tarif listrik juga diturunkan, lho.

Baca Juga :   Pengalaman Didenda PLN dikarenakan Ganti MCB dari 2 Amp ke 6 Amp

Jangan sampai karena udah telanjur keenakan dapat listrik murah tapi ilegal lalu cuek-cuek saja. Taruhannya gak main-main, lho: rumah seisinya, termasuk nyawa sendiri dan keluarga. Yang pasti-pasti aja, deh.

Artikel Terkait Informasi PLN :

(Visited 67 times, 1 visits today)

Leave a Reply