Tanda Seseorang Keracunan Makanan dan Langkah Mudah Mengobatinya

Pengetahuan akan jenis makanan yang sehat dan tidak adalah hal yang paling utama harus dimiliki oleh setiap orang. Karena kesehatan setiap orang sangat tergantung akan apa yang dikonsumsi olehnya. Jika setiap orang tidak mengetahui apa kriteria makanan sehat dan layak konsumsi, maka akan sangat besar kemungkinan orang tersebut akan keracunan. Dan beberapa tanda seseorang sudah keracunan makanan adalah:

  1. Muntah- muntah,
  2. Diare,
  3. Demam,
  4. Badan terasa lemas,
  5. Sakit perut atau keram perut, dsb

 

Gejala keracunan makanan itu sebenarnya tidak harus terjadi jika saja kita dapat menghindari mengkonsumsi makanan yang tidak layak dan tidak sehat. Seperti makanan yang masih jauh dari batas ekspired, di simpan sesuai dengan ketentuan, tidak berjamur, dan tidak berbau tidak sedap. Namun terkadang, kita juga tidak bisa pungkiri bahwa saat ini juga terdapat banyak jenis makanan yang mengandung bahan kimiawi tertentu yang digunakan untuk satu maksud yang sangat mungkin menjadikan kita keracunan saat mengkonsumsinya baik secara langsung atau tidak langsung. Dan berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan saat kita keracunan makanan;

 

  1. Minum air

Orang yang keracunan adalah orang yang membutuhkan banyak asupan cairan pada tubuhnya. Karena ketika keracunan, banyak cairan tubuh yang dikeluarkan. Seperti misalnya saat terjadi muntah- muntah ataupun diare. Selain dapat meredakan dehidrasi, minum air juga dapat memberikan energi karena dengan banyaknya cairan tubuh yang keluar, seseorang yang keracunan akan menjadi lemas. Salah satu minuman yang di sarankan untuk di konsumsi adalah air rehidrasi oral atau oralit. Karena Oralit mengandung unsur- unsur yang diperlukan tubuh yang kekurangan cairan.

 

  1. Jahe

Meminum minuman berbahan dasar jahe ternyata juga memberikan dampak positif bagi orang yang keracunan. Jahe yang memberikan rasa hangat pada tubuh mampu memberikan kenyamanan pada tubuh yang lemas karena keracunan. Selain itu, minuman jahe yang dicampur dengan madu juga dinilai mampu mencegah peradangan dan menghilangkan rasa sakit pada perut saat keracunan.

Baca Juga :   Inilah Gaya Hidup Penyebab Penyakit Kanker Berhati-hatilah!

 

  1. Buah Delima

Untuk keracunan tingkat ringan, buah delima juga dapat menjadi alternatif lain untuk dapat meredakan mual dan muntah- muntah pada orang yang keracunan. Dan selain buah, kulit buah serta kulit batang pohonnya juga bisa untuk dijadikan obat.

 

  1. Lemon

Buah lemon juga dinilai ampuh sabagai langkah awal pertolongan pertama pada orang yang keracunan. Buah lemon yang di jus dan diminum tiga kali sehari dengan campuran garam akan mampu meredakan keracunan tingkat ringan.

 

  1. Gula Merah

Gula merah mampu memberikan energi pada badan yang lemas dan seperti tidak punya energi pada saat keracunan. Baik di konsumsi secara langsung ataupun dilarutkan didalam air lalu diminum, gula merah bisa dijadikan bahan untuk memulihkan tenaga orang yang keracunan.

 

  1. Pisang dan Apel

Zat Potasium yang terkandung didalam buah pisang serta khasiat dari buah apel mampu mencegah petumbuhan dari bakteri jahat pada tubuh akibat keracunan. Untuk mengkonsumsinya, pisang dan apel bisa dihaluskan bersama- sama dan juga dinilai mampu menyembuhkan keracunan dengan lebih cepat dibandingkan bahan- bahan lain.

 

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan atau berikan sebagai langkah awal pada saat keracunan. Semoga bermanfaat.

(Visited 86 times, 1 visits today)

Leave a Reply