Tanpa E-Ktp Tidak Bisa Membuat SIM Di Tanjung Selor

Masyarakat yang hingga saat ini belum mempunyai KTP elektronik (KTP-el), harus melakukan perekaman data. Apalagi, tenggat waktu perekaman KTP-el hingga 30 September mendatang.

Bagi yang tidak segera melakukan perekaman data KTP-el, maka akan mengalami kesulitan mendapat sejumlah layanan publik. Salah satunya pelayanan dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM).

Jadi sekarang pelayanan pembuatan SIM tetap mengutamakan bagi masyarakat yang telah mempunyai KTP-el, Masyarakat yang membawa KTP-el kita layanani, karena yang dibutuhkan nomor induknya.

Karena memiliki KTP-el sangat penting untuk ketertiban administrasi. Apalagi untuk pemohon SIM data yang berada di komputer harus sesuai dengan nomor induk yang telah dilakukan verifikasi sebelumnya.

Dengan diberlakukannya KTP-el, maka hal ini sangat positif dan memberikan dukungan terhadap kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebelum pemohon mengajukan pembuatan SIM, terlebih dulu petugas Satlantas Polres Bulungan menanyakan kepemilikan KTP. Bila masih berbentuk konvensional agar segera mengurus ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Sanksi administrasi sudah jelas diberitahukan bila tak mengurus KTP-el, yakni penonaktifan data kependudukan. Jika pemohon mengajukan pembuatan SIM, tapi NIK tidak muncul, kata Aditya, maka hak masyarakat tidak akan bisa dipenuhi.

(Visited 192 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Sore Hari Di Jembatan Tanjung Palas

Leave a Reply