6 Tips Sehat Mengonsumsi Daging Qurban saat Idul Adha, No. 5 Jangan Diabaikan

Sebentar lagi kita akan bertemu lagi dengan Hari Raya Idul Adha!

Hari Raya Idul Adha atau disebut juga lebaran haji memiliki makna kebersamaan yang amat besar bagi setiap muslim di dunia.

Pada hari raya ini banyak sekali orang yang melakukan acara penyembelihan hewan qurban, seperti kambing dan sapi, yang kemudian hasilnya dibagikan kepada orang yang tidak mampu.

Dapat dipastikan hampir semua umat Islam dapat merasakan kelezatan binatang qurban. Tetapi, ada sebagian orang yang khawatir akan kolestrol yang diakibatkan oleh daging qurban tersebut.

Kebanyakan orang yang mengkhawatirkan tersebut adalah orang yang sedang diet atau menjaga pola makan mereka.

Maka dari itu, saya akan memberikan tips untuk kamu agar tetap sehat saat mengonsumsi daging qurban.

Simak ulasan berikut ini!

1. Hindari memakan olahan daging goreng

Olahan daging qurban yang digoreng kurang cocok untuk kamu yang sedang melakukan diet saat Idul Adha. Sebab  daging goreng mengandung banyak sekali minyak didalamnya.

Kandungan minyak tersebut membuat jumlah asupan kalori kamu menjadi berlebihan. Ketika asupan kalori kamu berlebih, risiko tubuh menggemuk pun juga meningkat.

Baca Juga: Tips memilih hewan qurban sehat dengan kualitas terbaik

2. Jangan memakan daging sebelum tidur

Memakan daging ketika mau tidur, bisa menyebabkan kualitas tidur kamu menurun. Alangkah Baiknya, mengonsumsi daging saat 2-3 jam sebelum tidur (jangan langsung tidur setelah makan daging).

3. Perbanyak minum air putih

Ketika Idul Adha tiba, semua hidangan masakan pasti berbahan dasar daging qurban. Semua itu harus diimbangi dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya. Air putih bisa membantu mendorong sisa makanan sehingga tidak menyebabkan gangguan pada pencernaan.

4. Hindari makan daging pedas

Tips sehat selanjutnya adalah jangan terlalu sering memakan daging pedas. Kalau bisa coba hindari semua yang berbau pedas. Ini bertujuan agar sistem pencernaan dan tenggorokan kamu tidak terganggu.

Baca juga: 7 Jenis Cabai terpedas di dunia yang harus anda ketahui

5. Minum air hangat setelah mengonsumsi daging

Walaupun tidak makan daging pedas, tapi jika makannya berlebihan bisa menyebabkan tenggorokan kamu serak karena banyak lemak yang menempel.

Untuk mengatasi masalah tersebut, minumlah Air putih atau jeruk hangat agar tenggorokan kamu selalu bersih. Hindari juga minuman yang manis layaknya sirup, kopi, dan teh. Jadi, jangan abaikan tips nomor 5 ini.

6. Makanlah sayur sebagai penyeimbang nutrisi

Agar nutrisi seimbang, kamu harus menambahkan sayur ke dalam menu hidangan Idul Adha. Makanlah sayur-sayuran seperti tomat, wortel, brokoli dan sayur lainnya.

Semoga tips sehat di atas bisa kamu terapkan saat Idul Adha tiba nantinya. Karena pada saat idul adha, godaan terhadap rasa ingin memakan daging akan semakin besar.

Semua hidangan yang disajikan pasti kebanyakan berbahan dasar daging. Ini bisa jadi tantangan untuk kamu agar selalu menjalani pola hidup sehat.

(Visited 20 times, 1 visits today)
Tags:

Comments are closed.