Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit

BELANJA online sekarang semakin mudah dengan adanya layanan pembayaran kartu kredit. Dengan adanya kartu multifungsi ini, seseorang bisa berbelanja dengan nyaman. Karena saking nyamannya, banyak orang terlena dan lupa bahwa mereka harus berhati–hati dalam menggunakannya, apalagi dengan semakin tinggi kriminalitas dan penipuan kartu kredit.
Untuk transaksi via online dengan menggunakan kartu kredit, Anda harus ekstra berhati-hati. Berikut ini beberapa tips berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit:

1. Lindungi privasi Anda – Lakukan transaksi jual beli maupun transfer dengan menggunakan computer sendiri; jangan punya orang lain. Bila melakukan transaksi dengan computer sendiri, Anda sudah meminimalisasir kemungkinan terjadinya pencurian data.

Pasanglah antivirus atau antispyware, yang dapat dipercaya, pada perangkat computer Anda. Antivirus dan antispyware akanmenjaga komputer dari serangan beragam virus atau spyware yang dapat mencuri data personal kartu kredit Anda.

Selainitu, jangan memperlihatkan informasi pribadi kecuali Anda mengetahui dengan baik siapa pihak yang mengumpulkan dan bagaimana data tersebut digunakan. Beberapa situs menjua linformasi pelanggan mereka kepada pihak ketiga. Bila Anda tidak yakin dengan keamanan situs tersebut, lakukanlah verifikasi se-intens mungkin dengan bertanya kepada teman Anda, atau menelpon situs tersebut.

2. Berhati-hatilah terhadap penipuan – Pastikan url (alamat) situs tempat Anda melakukan transaksi memang benar. Sebab kini banyak situs palsu memiliki penampilan mirip dengan situs belanja online resmi, Padahal situs tersebut adalah situs tiruan yang dibuat persis sama untuk menjebak pengguna.

Untuk membedakan antara situs resmi palsu, Anda bisa melihat dan mengecek url (alamat) situs sebelum melakukan transaksi. Terutama jika Anda belum pernah mengetahui toko online tersebut sebelumnya. Salah satu cara mudah mendeteksinya adalah situs palsu biasanya menggunakan url awalan http:// dan bukan https://

Baca Juga :   Tabungan SimPel Khusus Pelajar Kerjasama Bank dan Sekolah

3. Gunakan penyedia jasa keuangan yang menyediakan tingkat keamanan ekstra – Jika Anda menggunakan jasa keuangan yang menyediakan tingkat keamanan ekstra ketika belanja online, mereka akan lebih siap melindungi informasi rahasia pemegang kartu. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan kata sandi (password) tambahan yang hanya diketahui oleh pemegang kartu.

Contohnya, bagi pemegang MasterCard akan menerima MasterCard SecureCode. Fitur keamanan ini memberikan perlindungan tambahan untuk para pemegang kartu dari para peretas (hacker) dan penipu didunia maya, serta memberikan keamanan online di semua tingkatan.

4. Simpanlah catatan transaksi danbukti pembayaran online – Ingatlah untuk memeriksa rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir. Periksa pula kebijakan pengembalian barang dan cakupan perlindungan data pribadi Anda. Terakhir, cetak bukti transaksi, dapatkan salinan e-mail langsung kepada Anda dan pastikan bahwa jumlah pembelian sesuai dengan tagihan Anda di akhir bulan.

Selain itu, penting juga buat kamu mengetahui kartu kredit apa saja yang banyak memberikan manfaat untuk belanja online. Cek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *