Tips Aman Investasi Reksadana Online

Reksadana adalah salah satu jenis instrumen investasi pasar uang yang banyak dilirik para investor.

Alasannya sederhana, karena reksadana mampu memberikan return yang cukup tinggi dengan modal lebih sedikit daripada saham. Salah satu jenis reksadana yang banyak diambil adalah reksadana online

Di tengah era digital seperti sekarang ini, tidak heran jika instrumen investasi termasuk reksadana dihadirkan dalam bentuk online. Jenis reksadana yang satu ini memang hampir sama seperti reksadana biasanya, hanya saja menggunakan portal digital sebagai media aksesnya.

Nah, bagi Anda yang telah memutuskan berinvestasi pada reksadana digital, maka ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Tips Investasi Aman Reksadana Online

Tips Aman Investasi Reksadana Online

Transaksi investasi secara online termasuk dalam kategori reksadana memang diakui mampu memberi banyak keuntungan dari segi kepraktisan.

Namun begitu, waktu demi waktu bergulir dan cyber crime pun semakin banyak jenisnya. Anda sebagai seorang investor reksadana pun harus berhati-hati dalam mengamankan portofolio reksadana online 2020 yang Anda miliki.

Berikut ini berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan portofolio reksadana digital:

  1. Lakukan pendalaman mengenai sistem reksadana online

Investasi ini memiliki jangkauan yang sangat luas, Anda selayaknya harus memahami cara kerjanya sebelum memutuskan berinvestasi pada jenis reksadana online terbaik.

Hal-hal yang perlu diketahui oleh investor adalah berapa modal yang diperlukan, siapa yang mengelola dana Anda, hingga wujud realisasi pengelolaan dana investasi. Selain itu, bagaimana sistem pencairan lembaga investasi, dan berbagai indikator lain layak Anda ketahui.

  1. Lengkapi serta lindungi data diri

Mendaftar ke sebuah lembaga investasi reksadana tidak semudah yang dipikirkan, Anda harus bersedia menyerahkan data diri secara lengkap.

Untuk itu, lindungi selalu data diri Anda agar tidak sampai bocor ke pihak lain karena bisa disalahgunakan. Selain itu, jangan sembarang melakukan klik pada link yang mencurigakan walau mengatasnamakan bank kustodian tempat Anda berinvestasi.

  1. Miliki kata sandi aplikasi yang rumit namun mudah diingat

Perihal kata sandi atau password bagi seorang investor reksadana online tahun 2020 adalah hal yang sangat penting. Adanya kata sandi akan memperbolehkan Anda mengakses akun reksadana digital milik Anda dan melakukan berbagai kustomisasi di dalamnya.

Namun begitu, banyak orang yang masih belum sepenuhnya sadar akan bahaya menggunakan kata sandi yang mudah ditebak.

Mereka beralasan jika kata sandi yang rumit bisa membuat mereka repot jika lupa password. Saran dari kami, gunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak namun mudah diingat. Selalu kombinasikan angka dengan huruf besar serta kecil untuk memperkecil kemungkinan adanya hacking.

  1. Jangan sembarang menggunakan situs investasi

Jika Anda memang berniat serius menjadi seorang investor reksadana online, jangan lupa pastikan tempat Anda bertransaksi adalah tempat yang benar-benar aman.

Caranya, pastikan pada bagian alamat website terdapat ikon gembok yang menandakan bahwa website tersebut secure atau aman. Jika tidak, jangan ragu untuk leave untuk website lain yang lebih layak walau mereka menawarkan keuntungan yang sangat tinggi sekalipun.

  1. Jangan gunakan Wifi atau jaringan internet publik

Tips lain agar aman ketika melakukan investasi secara online adalah tidak menggunakan Wifi serta jaringan internet publik.

Dengan menggunakan kedua jenis saluran tersebut, maka Anda menjerumuskan diri sendiri pada tangan hacker. Karena mereka akan bisa dengan mudah mencuri data Anda melalui jenis koneksi jaringan publik.

Itulah beberapa tips aman investasi reksadana online yang perlu Anda tahu. Selamat berinvestasi!

(Visited 3 times, 1 visits today)
Rate this article!

Leave a Reply