Untuk terhindar dari segala bentuk kejahatan, Anda perlu tau apa saja tips berbelanja online aman terutama bagi pengguna yang baru mencoba untuk online shop. Belanja daring memang mudah, sebab kita hanya perlu memilih melalui smartphone.

Pembayaran juga bisa dilakukan di rumah melalui m-banking, Anda hanya perlu menunggu barang tiba di rumah. Dengan teknologi semakin maju, semua proses memang dimudahkan apalagi dalam hal berbelanja.

Belanja online sepertinya sudah menjadi rutinitas bagi setiap kalangan, bagaimana tidak, berbagai kemudahan bisa didapat dari satu aplikasi. Tips berbelanja online aman memang perlu diketahui oleh Anda sebagai pelanggan.

Jangan mudah tergiur dengan penawaran menarik yang belum jelas asal usulnya, apalagi dengan hadirnya cicilan tanpa kartu yang meringankan beban pelanggannya dalam biaya pengeluaran mereka.

4 Tips Berbelanja Online Aman dengan Cicilan Tanpa Kartu

Metode pembayaran cicilan tanpa kartu memang bukanlah hal baru, apalagi bagi pelanggan yang sudah pernah melakukan pembayaran dengan metode ini. Agar belanja online Anda tetap aman dan nyaman, ketahuilah beberapa informasi berikut ini.

  1. Membandingkan Harga di Merchant Berbeda

Biasanya setiap produk atau jasa akan memiliki harga yang berbeda, meskipun berada di kisaran yang sama tetapi ada toko yang menjual dengan harga termurah. Untuk mendapatkan harga termurah, sebaiknya Anda survei terlebih dulu sebelum membeli.

Hal ini juga gara terhindar dari penipuan, apabila Anda langsung membeli barang tanpa mengecek terlebih dulu di merchant lain, bisa saja Anda mendapat harga mahal, padahal aslinya harga produk atau jasa tidaklah semahal itu.

Namun jangan mudah tergiur juga dengan harga murah, perhatikan kualitas serta review produk yang pelanggan sebelumnya berikan pada merchant tersebut. Dengan membandingkan dengan toko lain, bisa terhindar dari segala bentuk penipuan.

  • Memilih Marketplace dengan Reputasi Baik

Ada berbagai macam marketplace di Indonesia, bisa Anda pilih sebagai tempat Anda berbelanja kebutuhan yang diperlukan. Namun kenal dulu sebelum memilih marketplace tersebut, bagaimana ulasan dari pembeli sebelumnya dan rating bintang yang diberikan.

Ini sebagai upaya agar pelanggan tidak terhindar dari penipuan, apabila setelah dicek memiliki reputasi baik dan terpercaya maka Anda bisa melakukan pembelian di toko tersebut.

Sebelum membeli produk, lebih baik hubungi toko terlebih dahulu mengenai harga dan spesifikasi barang yang dibutuhkan agar tidak ada salah pengertian antara penjual dan pembeli.

  • Hati-Hati dengan Promosi

Promosi yang ditawarkan memang menggiurkan, namun apakah promo tersebut bisa dipercaya atau tidak. Berbelanjalah sesuai kebutuhan yang memang diperlukan, bukan dari keinginan sebab nantinya produk atau jasa tersebut tidak terpakai.

Sebab berbelanja online menggunakan cicilan tanpa kartu memang membuat pelanggan bisa membeli berbegai macam barang, tetapi jangan sampai dengan adanya metode pembayaran ini membuat biaya pengeluaran Anda membengkak.

Karena harus membayar cicilan dari barang yang dibeli tersebut, terlebih lagi apabila barang atau jasa tersebut belum pasti akan terpakai atau tidak. Tips berbelanja online aman satu ini, memang sulit untuk dihindarkan.

Apalagi bagi pelanggan kaum wanita, merasa cepat tertarik dengan penawaran menggiurkan dari merchant. Sebab seharusnya promosi dapat membuat hemat setiap konsumennya, bukan malah membuat pengeluaran semakin besar.

  • Perhatikan Tingkat Bunga Cicilan

Sebelum melakukan pembelian, periksa dulu berapa bunga yang akan Anda bayar. Apakah bunga cukup terjangkau, ada beberapa opsi tenor bisa dipilih serta apa saja biaya tambahan yang akan dibebankan.

Sesuaikan juga dengan pendapatan Anda, jangan sampai bunga dan cicilan tersebut sulit untuk dibayar setiap bulannya. Karena apabila tidak bayar tepat waktu, maka denda bisa Anda terima nantinya.

Jangan sampai pelanggan mengalami penipuan atau hal yang tidak diinginkan. Berbelanja online akan semakin mudah dan menyenangkan, apabila Anda tau tips berbelanja online aman.

(Visited 4 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini