Tips Hemat Kuota Agar Tidak Habis di Tengah Bulan

Pasti banyak orang yang mengeluhkan tentang pemakaian kuota internet yang boros. Terutama para kaum milenial yang banyak menghabiskan waktunya di dunia maya, tentulah hal tersebut akan menyedot habis kuota internet. Lalu adakah cara agar kuota internet tidak cepat habis? Berikut adalah tips hemat kuota agar tidak habis di tengah bulan.

1. Aktifkan Penghemat Data atau Data Saver

Rata-rata smartphone jaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur penghemat data atau data saver. Hal ini cukup berpengaruh untuk menghemat kuota internet. Karena fitur penghemat data ini bekerja dengan cara mematikan data otomatis yang bekerja di background smartphone. Namun, hal ini akan sedikit berpengaruh kepada notifikasi yang akan masuk ke smartphone.

Notifikasi-notifikasi yang masuk akan sedikit terlambat. Hal ini sebenarnya sudah diterapkan oleh banyak orang, namun mereka tidak bersabar dengan notifikasi yang masuk agak terlambat. Sehingga banyak yang melupakan untuk mengaktifkannya dan kuota internet menjadi cepat habis terpakai.

2. Aktifkan Peringatan Penggunaan Data

Tips hemat kuota internet yang kedua adalah mengaktifkan peringatan penggunaan data di smartphone. Fitur ini akan bekerja dengan cara mengingatkan jika penggunaan data atau kuota internet sudah melampaui batas. Dengan begitu penggunaan kuota akan lebih hemat, karena akan selalu diingatkan.

Namun penggunaan peringatan data ini juga memiliki kelemahan. Yakni, jika sudah mendapatkan peringatan tentang pemakain kuota yang berlebihan tapi tetap saja memakai kuota tersebut. Tentu hal tersebut akan sia-sia saja. Jadi jika sudah mendapatkan peringatan tersebut alangkah baiknya untuk langsung mematikan data internet. Untuk menghindari pemakaian kuota internet yang boros atau berlebihan.

3. Ubah Sistem Update Aplikasi

Terkadang aplikasi suka terupdate sendiri saat sedang mengaktifkan data, padahal belum tentu seseorang ingin mengeditnya. Hal ini tentunya akan sangat berdampak terhadap pemakaian kuota internet. Bahkan tak jarang juga kuota internet langsung habis, karena terpakai untuk mengupdate aplikasi. Hal tersebut bisa dihindari dengan cara merubah sistem update aplikasi pada smartphone.

Bagaimana caranya? Dengan merubah sistem update aplikasi. Ubahlah update atau pembaruan aplikasi saat smartphone terhubung ke wifi saja. Dengan begitu aplikasi hanya akan diperbarui jika ada wifi yang terkoneksi saja. Cara yang satu ini juga cukup ampuh untuk menghemat data atau kuota internet.

4. Mencari Tahu Aplikasi yang Memakai Banyak Kuota

Tips berikutnya adalah cari tahu aplikasi yang boros atau memakai banyak kuota. Cari tahu hal ini dengan cara masuk ke pengaturan di smartphone, lalu cari data usage di dalamnya. Dengan begitu mengetahui aplikasi yang boros kuota akan dengan mudah diketahui. Setelah mengetahui aplikasi tersebut bisa langsung di uninstall agar tidak menyedot banyak kuota lagi.

Tetapi jika tidak ingin menghapusnya dari smartphone, cara satu-satunya adalah dengan tidak menggunakannya atau jangan terlalu sering memakai aplikasi tersebut. Dengan begitu aplikasi tersebut tidak bisa menyedot data atau kuota internet pada smartphone.

5. Gunakan Browser yang Lebih Hemat

Banyak orang percaya jika peramban atau browser bawaan dari smartphone menyedot kuota lebih banyak dibandingkan browser yang harus diinstal terlebih dahulu. Hal ini bisa disiasati dengan cara menggunakan browser tambahan seperti opera mini, yang sudah terbukti dapat menghemat data dibandingkan browser bawaan.

Selain itu google chrome juga bisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai browser yang hemat. Yakni dengan cara mengaktifkan fitur data saver pada google chrome tersebut. Dengan begitu pemakaian kuota internet akan jauh lebih hemat.

Itulah tadi tips hemat kuota internet yang bisa diterapkan. Hemat kuota internet sama dengan menghemat uang, sehingga uang yang ada bisa digunakan untuk keperluan lain atau ditabung. Diharapkan hal ini bisa bermanfaat untuk banyak orang, terutama orang yang sedang mencari cara untuk menghemat pemakaian kuota internetnya.

 

(Visited 3 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply