Tips Keren Bikin Vlog Agar Ditonton Banyak Orang

loop-channel-512x301

Siapa sih yang tidak pernah nonton vlog? Vlog, atau yang berasal dari singkatan video blog, merupakan fenomena yang sedang di gemari banyak anak muda masa kini karena vlog dibuat untuk menjadi hiburan semata. Vlog sendiri, menurut Urban Dictionary, dapat diartikan sebagai video dokumentasi jurnalistik yang biasanya mengangkat topik tentang kehidupan seseorang, opini atau pendapat, dan hobi. Vlog bisa kamu temui di hampir semua media sosial, seperti Facebook dan Instagram, dan channel video, seperti Youtube dan Channel Loop. 

Vlog sendiri mulai mendapat perhatian lebih dari para kreator konten digital, terutama video digital, karena mudah di buat dan idenya bisa didapat dari mana saja. Selain itu, vlog memiliki banyak peminat karena banyak orang lebih memilih untuk menonton vlog dibanding membaca blog, terlebih untuk sesuatu yang biasanya dianggap lebih rumit. Oleh karena itu, para vlogger pun ditantang untuk membuat vlog yang kreatif dan menarik untuk ditonton.

Nah, jika kamu tertarik untuk bikin vlog, kamu harus tahu bahwa buat vlog itu ternyata susah-susah gampang lho. Kenapa? Karena selain kamu merekam kegiatan kamu sehari-hari, kamu juga ditantang untuk menampilkan video yang menarik dan bisa menjadi hiburan bagi penonton kamu. Tapi, bagaimana caranya ya? Simak beberapa tips ini supaya vlog kamu ditonton banyak orang.

1. Cari Passion Kamu 

Hal pertama dan terpenting sebelum kamu mulai membuat vlog adalah mencari passion kamu. Passion? Ya, Passion itu penting jadi kamu bisa menentukan tema vlog yang akan kamu buat untuk ke depannya. Contohnya, jika kamu suka jalan-jalan atau travelling, maka kamu bisa merekam kegiatan kamu ketika travelling. Atau, jika kamu suka berwisata kuliner, kamu bisa merekam apa yang kamu lakukan ketika kamu menjelajahi restoran-restoran atau mencoba makanan yang baru. Passion yang kamu senangi juga memudahkan kamu untuk selalu meng-update vlog kamu, sehingga penonton kamu bisa selalu mengikuti kegiatan kamu. Tak cuma itu, kalau kamu menentukan satu tema tertentu, kamu bisa lebih mudah membuat setiap vlog. Kenapa? Karena kalau sesuai dengan passion kamu, kamu gak akan cepat merasa bosan kok. Eits, meskipun kamu menentukan tema tertentu untuk vlog kamu, tapi tidak ada salahnya sesekali keluar dari tema tersebut.

Baca Juga :   Paket Internet yang cocok untuk wilayah Tanjung Selor

2. Buat Goal untuk Vlog Kamu

Nah, yang ini juga tak kalah pentingnya, Loopers. Jangan lupa untuk membuat goal atau tujuan kamu ketika membuat vlog. Sebagian orang menganggap hal ini tidak penting, tapi sebenarnya menentukan goal atau tujuan kamu ketika membuat vlog bisa memudahkan kamu untuk mencapai visi kamu. Contohnya, kamu ingin punya banyak penonton atau kamu ingin mempromosikan sesuatu.

3. Jaga Konsistensi & Kualitas 

Dalam membuat vlog, kamu harus memiliki komitmen pada diri sendiri untuk menjaga konsistensi dan kualitas dari vlog yang kamu pamerkan. Konsistensi di sini bisa berupa berapa besar komitmen kamu untuk mempertahankan tema kamu pada setiap vlog yang kamu buat, atau bisa juga kapan kamu akan membuat vlog baru yang di nanti-nantikan penonton kamu. Kamu juga tidak boleh melupakan kualitas, baik dari segi kualitas video, kualitas audio dan editing dalam vlog kamu, kualitas cerita dan isi yang ingin kamu sampaikan pada penonton kamu.

vloggers-logo

4. Selalu Bikin Cerita yang Menarik

Untuk selalu bisa menarik penonton kamu, kamu harus bisa mempertahankan popularitas baru kamu sebagai vlogger dengan selalu konsisten bikin cerita yang menarik dan menghibur penonton kamu. Kamu bisa menyelipkan joke atau informasi trivia yang kamu rasa penting buat penonton kamu. Tak cuma itu, kamu juga harus memperhatikan cara kamu bicara dan intonasi suara kamu. Hal ini penting lho agar tidak ada penonton kamu yang tersinggung atau salah mengerti. Oleh karena itu, sebelum membuat vlog, kamu bisa merencanakan cerita dan isi yang akan kamu sampaikan, dan sisanya kamu bisa improvisasi agar terlihat natural!

5. Be Yourself

Bikin vlog tidak berarti kamu harus selalu mengikuti tren yang sedang di gandrungi anak muda lho. Kamu bisa membuat tren kamu sendiri dengan menjadi dirimu sendiri. Ya, jadi diri sendiri saja. Jangan terlalu banyak mengikuti arus tren sehingga kamu bisa bikin vlog dengan gaya dan ide kamu sendiri. Yang terpenting, jangan mengikuti gaya orang. Tunjukkan bahwa gaya kamu sendiri dan ide kreatif yang kamu punya juga pantas ditonton oleh banyak orang.

Baca Juga :   Janganlah Anda Mudah Tergiur dengan Penawaran Toko Online

Bagaimana? Sudah baca semua tips di atas untuk bikin vlog yang sukses ditonton banyak orang? Ternyata, buat vlog tuh gak susah lho, Loopers. Meskipun kamu gak punya kamera yang oke atau peralatan lain yang mahal, kamu hanya perlu smartphone kamu untuk merekam setiap momen yang menurut kamu pantas untuk dijadikan cerita untuk penonton kamu. Tak cuma itu, kamu juga bisa langsung mengeditnya dan mengunggahnya dari smartphone kamu.  Well, tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa ya untuk pamerin hasil vlog keren dan kreatif punya kamu di Channel Loop. Selamat berkreasi!

(Visited 21 times, 1 visits today)

Leave a Reply