Memancing di sungai adalah kegiatan menarik yang bisa mengisi waktu luang. Namun bagi pemula, dibutuhkan tips memancing di sungai agar bisa memperoleh banyak ikan. Tidak mudah bagi pemula untuk mendapatkan ikan ketika memancing. Hal ini dipengaruhi oleh peralatan, umpan dan kemampuan memancing.

Banyak orang menganggap bahwa memancing adalah kegiatan berdasarkan keberuntungan. Apabila sedang beruntung maka akan mendapat banyak ikan. Namun apabila sedang sial maka tidak akan mendapat ikan. Padahal, memancing membutuhkan peralatan, umpan dan kemampuan mumpuni dari seorang pemancing.

Peralatan, umpan dan kemampuan berpengaruh satu sama lain. Jadi, apabila kamu mempunyai peralatan lengkap dan umpan sesuai namun tidak mempunyai kemampuan, tentu akan sulit bagimu untuk bisa memperoleh ikan. Oleh karena itu, ketiga unsur tersebut harus terpenuhi apabila ingin sukses dalam memancing.

Tips Memancing di Sungai, Mengembangkan Teknik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan apabila masih seorang pemula adalah mempelajari teknik dasar memancing. Apalagi jika kamu belum pernah mencoba memancing. Peralatan dasar yang perlu disediakan yaitu senar, kail dan umpan. Cukup 3 unsur tersebut.

Teknik dasar ini dipraktikkan dengan meletakkan umpan pada kail kemudian melemparkannya ke air. Akan lebih baik apabila pada senar diberi pemberat, stopper dan pelampung. Posisikan pelampung pada bagian atas untuk memberi tanda ketika ikan telah menyambar umpan.

Sedangkan untuk pemberat diposisikan pada bagian paling bawah. Kail diposisikan pada bagian tengah, di antara pelampung dan pemberat. Teknik dasar ini dapat diterapkan dalam berbagai tempat, tidak hanya di sungai. Kamu bisa menerapkannya di danau, rawa bahkan laut.

Tips memancing di sungai berikutnya adalah teknik casting. Dalam penerapan teknik ini kamu membutuhkan joran. Teknik ini menuntut kamu untuk menarik dan mengulur senar sekuat-kuatnya dan terus menerus sampai ikan sukses memperoleh lure. Sama seperti teknik dasar, teknik casting tidak hanya bisa diterapkan di sungai, tetapi juga laut.

Joran yang dipakai dalam teknik ini sebaiknya mempunyai sifat lentur. Misalnya memakai joran yang berbahan carbon dengan panjang 150-210 cm dan jangkauan lempar sejauh 20 sampai 30 m. Sedangkan untuk umpan, pakai umpan buatan dengan melempar kail sejauh mungkin kemudian menggulung reel dan sedikit menyentakkan joran untuk hasil optimal.

Tips Memancing di Sungai, Baik dalam Kondisi Air Jernih atau Keruh

Sungai adalah salah satu tempat favorit bagi sebagian orang untuk melakukan aktivitas memancing. Air sungai dapat mudah diamati tingkat kejernihan airnya. Oleh sebab itu, mudah untuk menentukan teknik yang hendak diterapkan ketika memancing di sungai.

Apabila kamu mendapati sungai dalam kondisi kejernihan tinggi, ikan akan mudah tampak. Dari pinggir sungai, kamu bisa melacak keberadaan hewan air tersebut dengan mudah. Namun, sisi buruknya adalah ikan jadi mudah menyadari kehadiran pancing. Pergerakan yang cepat atau keras bisa membuat hewan air tersebut melarikan diri karena takut.

Tips memancing di sungai dalam kondisi jernih adalah menggunakan umpan hidup. Posisikan kail pada area bebatuan karena di lokasi tersebut banyak ikan berkumpul. Umpan hidup akan membuat hewan air tersebut tertarik dan mendekati kail pancing kamu.

Apabila kamu mendapati sungai dalam keadaan keruh, kamu bisa melemparkan kail di daerah pinggiran saja. Sungai keruh membuat kamu kesulitan melihat ikan. Sungai keruh umumnya disebabkan oleh beragam faktor mulai dari lumpur, banjir hingga erosi.

Kamu bisa memilih pinggiran sungai yang mempunyai area batu berlumut. Area tersebut merupakan favorit ikan. Meskipun sulit melihat keberadaan ikan, kamu bisa menggunakan pelampung untuk mendeteksi keberadaan hewan air tersebut. Hal ini karena pelampung bisa memberi tanda ketika umpan disambar oleh ikan.

Setelah memahami cara memancing di sungai, kamu bisa memakai kaos pancing dalam aktivitas tersebut. Memakai kaos memancing membuat aktivitas terasa nyaman dan tidak mudah gerah. Berbagai model dan warna kaos dapat ditemukan dan bisa langsung kamu beli dalam Official Guesver Shopee

Mencari ikan merupakan kegiatan positif yang tidak mudah dilakukan. Banyak orang berfikir kegiatan ini berhasil dilakukan melalui faktor keberuntungan saja. Padahal, diperlukan kemampuan yang mumpuni agar bisa memperoleh banyak ikan. Salah satunya adalah menerapkan tips memancing di sungai.

(Visited 18 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini