Tips Memancing Ikan Nila di Sungai dengan Benar

Ikan nila merupakan ikan air tawar dengan banyak peminat di Indonesia. Oleh sebab itu, tips memancing ikan nila cukup banyak dicari. Hewan air satu ini mempunyai nilai jual tinggi karena ukurannya yang cukup besar dan kaya akan kandungan gizi.

Nila mengalami pertumbuhan cepat karena tergolong omnivora atau pemakan segala. Banyak pemancing memburu hewan air tersebut karena cukup mudah ditaklukan dengan berbagai macam jenis umpan. Bahkan walaupun sudah kenyang, hewan air tersebut masih lahap menyantap makanan.

Banyak pemancing membidik ikan nila sebagai buruan karena cita rasanya yang lezat. Selain itu, hewan air tersebut cukup menarik ketika pemancing melakukan tarik ulur senar dengannya. Di sungai, kamu perlu memakai umpan seperti lumut, cacing atau jangkrik.

Tips Memancing Ikan Nila di Sungai

Cara menarik ikan nila adalah dengan menjatuhkan bom umpan. Bom ini berguna dalam mengumpulkan hewan air tersebut di 1 lokasi. Bom umpan dapat berupa bekatul atau beras ketan yang dicampur dengan terasi udang. Aroma dari adonan ini akan mengundang nila untuk berkumpul.

Bom umpan dijatuhkan sebanyak 3 sampai 5 bundaran. Setelah itu, dijatuhkan lagi 1 bundaran secara bertahap agar ikan tetap berada di spot yang sama. Meskipun hewan air tersebut telah memakan bom, selanjutnya masih mau memakan umpan yang ada di kail pancing.

Tips memancing ikan nila selanjutnya adalah memilih joran yang tepat. Joran yang sesuai untuk menangkap hewan air tersebut adalah dengan ukuran 360 sampai 450 cm. Lalu untuk senar pilih diameter 0,5 mm. Kamu juga membutuhkan kemampuan 40 lbs pada senar tersebut.

Sedangkan pada bagian kail kamu memerlukan ukuran 2 sampai 6. Sesuaikan dengan ukuran badan ikan. Lalu jangan lupa menambahkan pelampung. Benda tersebut berguna untuk memberi informasi bahwa hewan air tersebut sudah menyambar umpan. Pelampung penting dipakai karena hewan air tersebut tergolong jenis kambangan bukan dasaran.

Terakhir, perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk memancing hewan air tersebut. Secara umum, ikan nila hidup di air keruh seperti sawah, sungai atau danau. Lokasi hewan air tersebut biasanya menyimpan lumpur. Tips memancing ikan nila berikutnya adalah pemilihan waktu pemancingan.

Waktu yang tepat adalah pagi hari ketika suasana belum terik. Yaitu pada jam tujuh pagi hingga delapan pagi. Sementara di siang hari, waktu yang tepat adalah pada jam sepuluh hingga satu siang. Untuk sore hari, adalah dalam rentang jam tiga hingga enam sore.

Rekomendasi Jenis Umpan dalam Tips Memancing Ikan Nila

Umpan ikan nila tergolong mudah dibuat karena sifat omnivora hewan air tersebut. Pemilihannya dapat kamu sesuaikan dengan kondisi dimana hewan air tersebut hidup dan berkembang biak. Dengan begitu, kamu tidak akan salah dalam menggunakannya.

Pertama, umpan lumut. Lumut cukup sering digunakan oleh para pemancing dalam menghadapi nila. Selain mudah diperoleh, lumut adalah makanan favorit hewan air tersebut. Lumut bisa kamu dapatkan di alam tanpa harus membelinya. Lumut bisa diperoleh di bebatuan sungai, sawah atau selokan.

Kedua, umpan pelet. Apabila enggan mencari lumut, kamu bisa membeli pelet untuk memancing ikan nila. Umpan jenis ini cukup digemari oleh hewan air tersebut. Pelet dapat dicampurkan dengan vanili untuk menambah daya tarik umpan.

Ketiga, umpan cacing. Hewan satu ini cukup diminati oleh ikan nila. Banyak pemancing yang memakai cacing sebagai umpan. Kamu bisa mendapatkan cacing dengan mudah dan tidak perlu mencampurkannya dengan hal lain. Cukup gunakan cacing sebagai umpan andalan.

Selain menyiapkan umpan, kamu bisa menyiapkan kaos mancing agar semakin semangat dalam menangkap ikan nila. Memakai kaos membuat aktivitas terasa nyaman dan tidak mudah gerah. Berbagai model dan warna kaos dapat ditemukan dan dibeli di https://shopee.co.id/Guesver-Kaos-Mancing-Lengan-Pendek-Hobi-Mancing-Menunggu-Menyambar-i.4969861.9203238576.

Ikan nila merupakan hewan omnivora yang cukup digemari pemancing. Apabila kamu ingin mendapatkannya juga, perlu menyiapkan umpan yang sesuai. Selain itu, kamu perlu mempelajari tips memancing ikan nila agar bisa mendapatkan hewan air tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini