Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Persaingan dalam dunia kerja memang cukup tinggi. Oleh sebab itu para pencari kerja membutuhkan skill kerja yang benar dibutuhkan oleh perusahaan yang akan dilamarnya.

Minimnya jumlah pekerjaan yang tersedia berbanding dengan jumlah pencari kerja memang tidak berimbang. Namun sebagai pencari kerja kita harus sedikit kreatif dari pencari kerja lainnya.

Banyaknya para pencari kerja yang tinggi setiap tahunnya akibat imbas dari kelulusan para mahasiswa hingga murid sekolah. Hal ini menyebabkan tingkat persaingan kerja yang tinggi pula.

Selain butuh skill tinggi dan tepat guna, salah satu elemen penting lainnya adalah curriculum vitae sang pekerja sendiri. Banyaknya contoh surat lamaran kerja bisa menjadi sebuah referensi yang baik dan benar.

Sebuah surat lamaran kerja yang menarik dan bagus tentu sudah memenangkan persaingan antara para pencari kerja. Peluang diterima pun semakin besar dan tentunya posisi pekerjaan yang diincar sudah separuh peluangnya.

Referensi Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Sebenarnya banyak tips yang bisa memungkinkan dalam membuat lamaran kerja. Namun kami rangkum dengan ringkas agar mudah dimengerti dan bisa dipahami dengan baik oleh pencari kerja.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Tips tersebut adalah :

  1. Pahami dengan baik dan benar segala persyaratan lowongan kerja yang akan kamu lamar. Hal ini sangat penting agar surat lamaran kerja sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Buat surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti, ringkas, jelas dan padat.
  3. Tujuan surat lamaran kerja harus tepat dan jelas. Jika surat ditujukan kepada sebuah nama, maka nama harus ditulis dengan benar, sesuai dengan gelar jika ada. Hal ini untuk menghormati nama pemilik gelar tersebut.
  4. Jika kamu sudah selesai membuat surat lamaran kerja, baik tulisan tangan atau ketik, maka wajib hukumnya dibaca sekali lagi. Jangan ada coretan, atau kesalahan ejaan dalam kata dan kalimat.
  5. Yang terakhir pastikan surat lamaran kerja kamu dalam keadaan bersih, tidak ada bekas kotoran penghapus, bekas lipatan.
Baca Juga :   Inilah Syarat Pengajuan Pinjaman DP Rumah Melalui BPJS-TK

 

Persiapan Lain Dalam Mendapatkan Kerja Impian

Jika kelima tips di atas sudah kamu buat dengan benar maka kamu bisa mengirimkan via email ataupun surat menyurat via pos. Hal penting lainnya persiapkan dirimu jika mendapat respon dari perusahaan yang kamu lamar.

Perlu diperhatikan pemakaian busana yang tepat dan rapi. Sudah sepantasnya pada saat sesi wawancara kamu memakai kemeja atau busana kantoran.

Selain menambah keyakinan perusahaan terhadap dirimu juga akan menambah nilai bahwa kamu siap bekerja jika diterima oleh perusahaan tersebut.

Persiapkan fisik dan mental untuk melakukan wawancara dengan pihak perusahaan. Karena moment wawancara merupakan saat penting bagi perusahaan untuk menerima kamu atau tidak.

Jika tahap wawancara awal sudah kamu lewati biasanya akan menuju ke hal penting yaitu negosiasi gaji. Untuk gaji sebaiknya sebelum kamu melamar di suatu perusahaan akan lebih  baik jika kamu mencari tahu tentang gaji di perusahaan tersebut.

Tentu hal ini sangat membantu kamu pada saat negosiasi gaji dengan pihak perusahaan. Jika dirasa terlalu rendah kamu bisa mengajukan benefit lain seperti jumlha hari cuti ditambah atau fasilitas penunjang lainnya.

Semoga dengan tips yang kami berikan kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan gaji yang kamu harapkan juga.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply