Tips Memilih Investasi Halal dan Menguntungkan!

Dalam memilih sebuah investasi, terutama Anda yang beragama Islam, tentunya ada beberapa tambahan lain yang perlu diperhatikan, selain keuntungan. Seperti kehalalan dari produk investasi itu sendiri. Walaupun terkesan sepele, namun dengan memperhatikan hal tersebut, tentunya selain memberikan keuntungan menarik untuk Anda. Juga memberikan rasa nyaman ketika melakukan ibadah dan menggunakan uang hasil investasi itu sendiri. Saat ini untuk mencari investasi halal dan menguntungkan, tidak terlalu sulit. Yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini antara lain :

  1. Perhatikan jenis investasi yang akan dipilih 

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebelum memilih investasi halal dan menguntungkan seperti yang diinginkan adalah, memperhatikan jenis investasi apa dan seperti apa yang ingin dipilih. Mengingat saat ini ada cukup banyak jenis investasi yang ada, maka Anda yang ingin menggunakan investasi yang halal, tidak ada salahnya jika memilih jenis investasi berbasis syariah. Kelebihan dari sistem investasi seperti ini antara lain bebas riba, tidak adanya grahar dan juga masyir. Selain itu, investasi seperti ini juga menggunakan akad.  

Dibandingkan beberapa tahun yang lalu, saat ini jenis investasi tersebut, terbilang cukup booming, dan banyak peminatnya. Dari beberapa jenis investasi yang digunakan investasi saham pemula termasuk salah satu yang cukup banyak peminatnya. Selain modal untuk melakukan relatif kecil, juga keuntungan yang akan didapat juga relatif stabil.    

  • Perhatikan sistem keuntungan yang akan diberikan 

Selain memperhatikan jenis investasi yang akan dilakukan, tidak ada salahnya jika Anda juga memperhatikan sistem keuntungan yang diberikan. Mengingat ini adalah jenis investasi syariah, maka umumnya, sistem keuntungan yang akan diberikan juga sistem bagi hasil. Dimana sebelumnya sudah ada kesepakatan antara pemilik modal dalam hal ini Anda, dan juga perusahaan yang mengelola modal tersebut. 

  • Perhatikan bagaimana sistem pengelolaan bisnis tersebut
investasi Reksadana Syariah

Masing-masing jenis investasi syariah yang ada, tentunya mempunyai sistem pengelolaan yang berbeda-beda. Namun pastikan Dalam sistem pengelolaannya, investasi tersebut, tidak melakukan langug masyir atau berjudi dan juga bertaruh spekulasi. 

  • Apakah sudah mempunyai label halal atau belum   

Umumnya investasi syariah atau jenis investasi yang halal ini, sudah mempunyai label syariah di belakang produk investasi tersebut. Namun untuk lebih menyakinkan Anda bahwa produk tersebut memang halal adannya, pastikan produk investasi tersebut sudah mempunyai regulasi halal dari MUI, atau setidaknya sudah bekerja sama dengan badan tersebut.  Dari banyaknya investasi halal dan menguntungkan, yang ada saat ini, pastikan Anda memilih jenis investasi yang tepat, sesuai kebutuhan, dan budget untuk melakukan cicilan investasi setiap bulannya. Yang pasti memperoleh keuntungan yang stabil. Adapun beberapa produk syariah yang umum ditemukan antara lain reksadana syariah, deposito syariah, saham syariah, dan yang lainnya. 

(Visited 4 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply