Sebagai pengguna kartu kredit, ada baiknya agar para pelanggan tahu tips menggunakan kartu kredit dengan bijak. Kartu kredit memang memudahkan kita untuk melakukan pembelian, tanpa harus membayar di waktu itu juga.

Jangan sampai credit card membuat Anda terlena, dan tidak sadar akan tagihan akan semakin besar setiap bulannya. Dalam menggunakan kartu kredit, pengguna juga harus sadar berapa penghasilan didapat setiap bulan dan berapa jumlah tagihan Anda tersebut.

Agar terhindar dari tagihan yang semakin membengkak, kenali dulu apa saja tips menggunakan kartu kredit. Apabila Anda mampu membayar secara tunai, lebih baik untuk melakukan pembayaran tunai saja agar biaya tagihan bisa diminimalkan.

Credit card memang diciptakan apabila Anda membeli barang dengan biaya yang cukup besar, sehingga untuk meringankan biaya tersebut bisa dilakukan secara menyicil setiap bulannya.

5 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Tips berikut ini untuk memberi informasi agar Anda sebagai pengguna kartu kredit, bisa terhindar dari sifat boros yang nantinya bisa merugikan keuangan. Jadi sebelum hal tersebut terjadi, ketahuilah tips berikut ini.

  1. Membeli Kebutuhan yang Mampu Dibayar

Meskipun memiliki kartu kredit, bukan berarti kita bisa membeli barang mahal tanpa memikirkan bagaimana akan membayarnya. Sebab hal ini bisa menjadi petaka bagi Anda, karena bisa membuat tagihan membengkak.

Jadi saat Anda memiliki credit card, perhatikan juga apakah cicilan tersebut bisa pengguna bayar setiap bulannya atau tidak. Tingkat bunga juga perlu diperhatikan, apakah Anda sanggup membayarnya atau tidak.

  • Pahami Persyaratan Kartu kredit dengan Baik

Setiap bank yang mengeluarkan credit card, memiliki persyaratan berbeda. Maka dari itu, sebagai nasabah Anda harus memahami apa saja ketentuan persyaratan tersebut. Serta apakah setuju pada setiap persyaratan yang telah ditentukan tersebut.

Hal paling penting adalah bagaimana bunga akan diterapkan setiap bulannya, serta apa saja biaya tambahan yang dikenakan, dan kapan suku bunga meningkat. Sebagai nasabah jangan menyepelekan hal ini, untuk menghindar dari utang kredit yang berlebih.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Tips menggunakan kartu kredit dengan bijak lainnya adalah membayar tagihan di waktu yang tepat. Ini juga upaya agar Anda terhindar dari denda yang dikenakan oleh pihak bank, apabila telat membayar.

Sebab apabila nasabah menunda untuk membayar tagihan Anda di bulan ini, maka di bulan selanjutnya tagihan akan semakin besar dan membuat pengeluaran nasabah setiap bulan menjadi tidak normal.

  • Memiliki Kartu Kredit Secukupnya

Setiap kartu kredit memang memiliki fitur serta keunggulannya masing-masing, namun sebagai pengguna yang bijak lebih baik untuk tidak berlebihan dalam memiliki kartu kredit. Sebab apabila tagihan semakin banyak, maka pengeluaran menjadi tidak terkontrol.

Jangan biarkan pengeluaran pengguna menjadi tidak terkontrol, sebab penghasilan Anda hanya diperuntukkan membayar tagihan saja nantinya. Pengguna juga perlu memiliki dana darurat bukan, agar memiliki dana untuk biaya tidak terduga.

Apabila memiliki uang lebih, Anda bisa berinvestasi yang bisa menambah uang untuk masa depan. Agar uang yang dimiliki tidak semakin berkurang nilainya, karena inflasi.

  • Jangan Meminjamkan Credit Card

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang mudah diakses, apabila orang tersebut tau pin dan bagaimana bentuk tanda tangan Anda maka dengan mudahnya mereka bisa menggunakan kartu tersebut hingga batas limit terakhir.

Jangan pernah meminjamkan kartu kredit, sekalipun kepada orang terpercaya Anda. Mereka bisa saja tidak bertanggungjawab, dan nantinya yang akan menanggung kerugiannya adalah Anda sendiri. Memiliki credit card memang menjadi privilege yang memudahkan Anda untuk bertransaksi, namun agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya apabila Anda tau tips menggunakan kartu kredit dengan bijak.

(Visited 39 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini