Transformasi CIMB Niaga Menuju Digital Banking

Gaya konsumsi masyarakat dalam bidang teknologi terus meningkat dari waktu ke waktu. Demikian pula dengan penerapan yang dilakukan dalam dunia perbankan.

Kini layanan Mobile Banking akan diganti dengan menerapkan digital banking.

Dimana semua transaksi dan layanan bank akan dialihkan ke sistem digital. Beberapa bank telah mengalihkan semua jenis kegiatan perbankan melalui strategi digital banking.

Penerapan Digital Banking

Digital banking adalah teknologi yang mencakup seluruh aspek utama dalam kegiatan perbankan. Termasuk layanan, fasilitas serta investasi.

Melalui Digital banking, bank dapat beroperasi dengan menggunakan sarana elektronik dan digital milik bank. Sehingga nasabah dapat melakukan seluruh aktivitas perbankan dari rumah. Karena semua Fitur-fitur layanan perbankan telah disediakan dalam satu aplikasi.

Dengan kata lain, seluruh gerakan dunia perbankan akan dilaksanakan dengan akses digital banking di smartphone. Ini juga mengacu pada kebutuhan sehari-hari nasabah yang telah banyak beralih pada teknologi.

Seperti memudahkan nasabah untuk membayar tagihan, transfer dana, membeli voucher pulsa dan sejenisnya. Nasabah tidak perlu datang ke bank untuk membuka rekening, akun deposito, sampai mengisi e-wallet.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan channel elektronik dan peningkatan teknologi. Sehingga nantinya diharapkan, bank dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal melalui digital banking.

Tidak sedikit bank yang telah bertransformasi dari internet banking, mobile banking menjadi digital banking. Contoh perusahaan perbankan yang sudah memiliki layanan digital banking adalah CIMB Niaga.

Transformasi CIMB Niaga Menuju Digital Banking

Transformasi CIMB Niaga Menuju Digital Banking

Dengan membuat tema ’65 Tahun Melayani Indonesia’, CIMB Niaga berinovasi untuk bertransformasi. Program tersebut berupa transformasi dari mobile banking menjadi digital banking OCTO Mobile.

Fitur tersebut akan disediakan layaknya Super App. Dimana mencakup secara keseluruhan layanan aktivasi finansial nasabah. Demi Kapabilitas yang sesuai untuk saat ini dan nanti.

Di OCTO Mobile, nasabah dapat membuka rekening reksa dana serta transaksi lainnya melalui smartphone. Dengan memilih empat sumber dana, dari tabungan, rekening ponsel, Poin Xtra Dan kartu kredit.

Dengan menerapkan OCTO Mobile, nasabah dapat melakukan transfer hingga 500 juta rupiah per hari. Termasuk pembukaan rekening deposito serta pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Transaksi di OCTO Mobile juga berfungsi bagi nasabah kartu kredit. Karena dapat mengubah transaksi menjadi 0% cicilan dengan tenor 3 bulan. Tidak terkecuali untuk memblokir serta membuka kartu kredit.

Fitur Layanan OCTO Mobile

Transformasi CIMB Niaga Menuju Digital Banking

Fitur yang disediakan OCTO Mobile diantaranya:

  • Pembayaran QR dengan Menu Poin Xtra

Membayar belanjaan dengan fitur ini, cukup login ke OCTO Mobile dan pilih menu Scan QR lalu pindai. Geser toggle dengan Gunakan Poin Xtra Saya kemudian masukkan Jumlah yang akan digunakan. Terakhir konfirmasi dengan PIN OCTO Mobile.

Anda bisa menggunakan saldo untuk bayar tol atau naik MRT. Dengan cara login ke OCTO Mobile dan memilih isi ulang lalu lalue-wallet kemudian dilanjutkan e-money. Langkah selanjutnya, masukkan nomor kartu dan nominal transaksi lalu konfirmasi PIN OCTO Mobile.

  • Pencairan bunga deposito untuk investasi

Pilihan metode pencairan bunga dapat dilakukan ketika fitur Automatic Roll Over (ARO) aktif. Metode pencairan memiliki 3 cara, setiap tanggal jatuh tempo, bulanan dan Interest Automatic Roll Over.

  • Pembayaran pajak kendaraan bermotor

Pilih Pembayaran Tagihan dan pajak, dilanjutkan menu Pajak Kendaraan Bermotor. Buat Kode Pembayaran dengan menggunakan aplikasi resmi SAMSAT Online.

Masukkan kode pembayaran tersebut di aplikasi OCTO Mobile lalu konfirmasi dengan PIN jika selesai.

Berdasarkan regulasi BI, dimana transaksi kartu kredit diharuskan menggunakan PIN. Maka nasabah dapat membuat PIN (Personal Identification Number) di aplikasi OCTO Mobile.

Fitur-fitur pendukung di digital banking akan terus dikembangkan seiring dengan kebutuhan. Demi kemudahan transaksi nasabah dimanapun dan kapanpun. Fitur inilah yang menjadi perbedaan digital banking dan mobile banking.

Layanan digital dalam kegiatan perbankan sangat membantu berbagai pihak, baik pihak intern maupun ekstern. Sehingga perkembangan digital banking akan terus dilakukan CIMB Niaga demi kepuasan kepuasannasabah.

(Visited 26 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply