Universitas Kaltara (UNIKAL) Tanjung Selor Buka Program Kuliah Malam

Proses perkuliahan yang digelar di Universitas Kaltara (Unikal) Tanjung Selor Bulungan Kalimantan Utara pada tahun akademik 2015/2016 berbeda dari sebelumnya. Perbedaannya adalah, jika di tahun sebelumnya semua mahasiswa disamakan, namun kali ini ada program mahasiswa unggulan, dan mahasiswa non murni, atau bagi mereka yang sudah bekerja. Perkuliahan jenis kedua ini digelar sore hingga malam hari dengan biaya lebih tinggi dari mahasiswa murni.

Menurut Rektor Unikal, Dr. Ir Abdul Jabarsyah Ibrahim, M. Sc mengatakan, sistem perkuliahan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini antara yang kuliah pagi dengan yang kuliah malam itu akan dikenakan biaya yang berbeda, nantinya itu akan dibagi menjadi dua, ada yang kuliah pagi dan ada kuliah malam. Kuliah malam dengan pagi itu beda, jelas lebih mahal malam. Sebab, yang kuliah malam itu, mereka harus bayar listrik.
Seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang penghasilannya di atas dari Rp 5 juta per bulannya, maka SPP-nya ditetapkan sekitar Rp 4 jutaan per semesternya. Kemudian dana pengembangan institusinya pun bisa mencapai Rp 5 juta.

Sedangkan yang sekolah khusus atau unggulan, karena nantinya akan ditempatkan di ruangan yang baik, dan biayanya akan dibebankan kepada universitas dengan subsidi silang.
Jadi dalam seleksi penerimaan mahasiswa Unikal pada gelombang kedua akan ada 100 mahasiswa unggulan yang nantinya akan mengiukuti perkuliahan hingga selesai. Tentunya dengan biaya gratis.

Syarat utama mereka ini adalah memiliki kemampuan akademik yang tinggi dan juga dari keluarga tidak mampu. 100 mahasiswa tersebut akan dibimbing langsung oleh para dosen yang sudah ditunjuk oleh pihak universitas. Selain fasilitas yang akan dimaksimalkan, mereka juga akan menerima pembelajaran dari dosen terbang yang akan didatangkan dari luar daerah.
Ini merupakan program perdana di lakukan di Unikal, Kuliah unggulan dikhususkan pada bidang studi IPA untuk Fakultas Mipa, Pertanian dan Tekhnik.

(Visited 7,024 times, 2 visits today)
Baca Juga :   TWK Toko Elektronik terbesar di Tanjung selor
Tags:

4 Responses

  1. author

    Diyah Dieffa1 year ago

    tes wawancara ,tes tulis kapan?terakhir pendaftaran universitasnya kapan?

    Reply
  2. author

    Diyah Dieffa1 year ago

    tes tulisnya apa saja?

    Reply
  3. author

    Diyah Dieffa1 year ago

    biayanya berapa?

    Reply

Leave a Reply