Waspada Akun LAZADA Anda di Bajak. Modus Baru Perampokan Online

Berhati-hatilah dengan akun online shopping anda terutama lazada. Karena sekarang ada modus baru perampokan secara online via lazada, dan itu hampir menimpa saya.

Berikut adalah kronologisnya :

19 Maret 2016
Saya memesan barang di LAZADA seperti biasa saya lakukan langkah demi langkah sampai tahap akhir pembayaran.

22 Maret 2016
Malam-malam notifikasi email HP berbunyi dan Saya menerima email dari lazada pada jam 10.24 PM dengan isi email berikut ini

———————————————
From : support@lazada.co.id

[5186746] Live chat with nandang2610@yahoo.co.id

Terima Kasih telah menggunakan Fasilitas Livechat Lazada.co.id
Terlampir adalah log dari percakapan yang telah dilakukan dan tercatat disistem kami dengan nomor ticket (#5186746)

How would you rate the support you received?

Good, I’m satisfied

Bad, I’m unsatisfied

DEDE NANDANG W, Mar 22, 19:44:
Chat transcript:
Visitor: hello

Ey_Iqbal_Khizbulloh: Hai, Selamat datang di layanan chat Lazada.co.id dengan Bapak/Ibu siapa kami melakukan sesi chat ini?

Visitor: Nama : DEDE NANDANG W
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Ada yang dapat kami bantu?

Visitor: Maaf pak saya ingin menanyakan tentang orderan dengan Nomor : 34448****
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu Bapak Dede 🙂
Visitor: oke pak iqbal 🙂
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Bapak Dede
Visitor: iya pak?
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Terima kasih telah bersedia menunggu, setelah kami melakukan pengecekan benar pesanannya Jtp Oppo Flip Cover Find Clover 815 – Biru Dongker ?

Dengan alamat pengiriman JL. SABANAR LAMA *******
Visitor: iya pak benar
Visitor: dikarenakan rumah yang ada di alamat tersebut sudah di jual apakah bapak bisa merubah ke alamat saya yang baru?
Visitor: mohon bantuannya pak 🙂
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Bapak Dede
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Sebelumnya kami mohon maaf
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Dikarenakan pesanan sudah masuk ke tahap persiapan pengiriman maka kami tidak dapat merubah alamat pengiriman
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Namun Bapak tidak perlu khawatir
Ey_Iqbal_Khizbulloh: kami informasikan bahwa status pesanan saat ini dalam persiapan untuk diserahterimakan kepada jasa pengiriman JNE dengan nomor resi 286741*******. Bapak dapat melakukan penelusuran status pengiriman pada H+3 sampai dengan H+5 pada tautan http://www.jne.co.id/

Estimasi pengiriman untuk wilayah Kalimantan Timur adalah 5 – 12 hari kerja. Informasi status pesanan terkini dapat di cek pada tautan http://www.lazada.co.id/order-tracking/
Ey_Iqbal_Khizbulloh: Adapun jika Bapak ingin melakukan perubahan alamat kami sarankan untuk mencoba jasa pengiriman terkait jika pesanan sudah masuk ke jasa pengiiman JNE.
Visitor: oh saya kira bisa langsung dari Costumer Service lazadanya ya sudah terimakasih pak saya turut menyesal akan hal ini 🙁

———————————————
Saya kaget dan panik sekali perasaan ga pernah melakukan chat seperti ini apalagi minta dirubah alamat pengiriman wah modus baru penipuan dan perampokan nih.

Kemudian jam 11 malam saya buka laptop dan jeng jreng ternyata saya ga bisa masuk ke akun lazada sudah semakin jelas akun lazada saya di bajak.

Tanpa pikir panjang saya langsung reset password akun lazada saya dan kemudian saya berhasil memodifikasi password baru sehingga saya bisa login ke akun lazada.

Setelah berhasil masuk semua data alamat dan penagihan sudah di rubah sama si pembajak berikut screen shootnya :

Yang anehnya lagi kenapa dia minta rubah alamat malam -malam ya ter catat si pembajak melakukan chat pada jam terakhir live chat berakhir yaitu pada jam 19.44.

Karena ternyata jam 11 saya mau lapor via live chat sudah tidak aktif karena jam kerja lazada mulai jam 9 pagi sampai jam 20 malam. Pintar juga nih si pembajak.

Kemudian sebagai responnya saya replay kembali email diatas dan menerangkan bahwa saya tidak pernah melakukan live chat agar mengganti tujuan pengiriman barang seperti yang dilakukan oleh pembajak.

23 Maret 2016

Yang jadi ketakutan saya adalah percakapan chat terakhir

Ey_Iqbal_Khizbulloh: Adapun jika Bapak ingin melakukan perubahan alamat kami sarankan untuk mencoba jasa pengiriman terkait jika pesanan sudah masuk ke jasa pengiiman JNE.

Nah dari kata-kata diatas berarti sebenarnya alamat pengiriman itu masih bisa dirubah donk ya tapi mudah-mudahan sih hanya ketakutan saya aja.

Jam 9 pagi saya melakukan live chat dengan lazada meminta pengecekan status pengiriman barang apakah dikirim kealamat saya sebelumnya atau sudah ada yang merubah ke alamat si pembajak, dan admin lazada menegaskan bahwa barang dikirimkan masih atas nama saya di kirim ke alamat saya walaupun statusnya sekarang masih proses penyerahan ke bagian pengiriman.

Saya bisa sedikit lega ternyata data pengiriman belum sempat dirubah.

Mungkin saya masih beruntung karena data pengiriman masih belum dirubah, bagaimana yang mereka tidak melek teknologi jadi berhati-hatilah dengan akun anda.

Berikut tips dari saya agar terhindar dari pembajakan :

1. Jangan gunakan password angka saja tapi gunakan kombinasi angka, huruf dan simbol, karena akun lazada saya memang menggunakan password angka saja.
2. Aktifkan notifikasi email via HP jadi jiak terjadi sesuatu dengan akun lazada anda setidaknya akan ada pemberitahuan via email. Namun anehnya pada saat perubahan password sama sipembajak kok lazada tidak mengirimkan konfirmasi dulu ya .
3. Login secara berkala untuk memastikan bahwa anda bisa masuk ke member area lazada
4. Jika ada menyimpan data kartu kredit di metode pembayaran cepat maka hapuslah, ini hanya untuk menjaga-jaga saja takut terjadi pembobolan juga.

Saran Untuk LAZADA

1. Setiap perubahan profil atau password atau data-data lainnya seharusnya ada pemberitahuan via email jangan hanya order saja.
2. Metode pembayaran kartu kredit memang sudah support 3D Secure, namun kenyataanya setiap saya belanja menggunakan kartu kredit ga pernah ada halaman 3D secure transaksi sukses begitu saja.

Kesimpulannya “AMANKANLAH SEMUA AKUN ANDA”

(Visited 30 times, 1 visits today)

9 Responses

  1. author

    Henny susana2 years ago

    Saya sagat kecewa degan LAZADA
    tolong dana saya d kembalikan

    Reply
  2. author

    Redvelved2 years ago

    saya juga. akun saya sudha minta di non aktifkan gara2 di pakai orang. masih saja tidak di non aktifkan. buktiny masiha da email masuk dari lazada tentang pemesanan.

    Reply
  3. author

    Ilham3 months ago

    Modus nya sama dengan yg saya alami setelah saya tf ke rekening lazada pihak seller menelpon saya terus minta kode cashback katanya saya dapat cashback eh saya kasi taunya kode ganti password ternyata lalu saya coba login namun tidak bisa akhirnya saya ganti passwrod pas masuk pemesanan sjdah dibatalkan takutnya pengembaluan dananya ke orng lain. Lalu saya coba isi formulir pengembalian dana lazada sampe saat ini uang saya belum kembali.

    Reply
    • author
      Author

      Dede Nandang3 months ago

      iya hati-hati gan dengan lazada

      Reply
    • author

      S Hajar m2 months ago

      La ko sama dengan saya, kronologi ny tgl 13 April sy pesen mesin jahit portable,saya transfer uang,kemudian seller TLP ktnya tlng nanti beritahu kode agar dpt casbek dr lazada (setelah sadar itu kode OTP y).setelah otp sy kasih pesanan sy dibatalkan,pdhal sy g membatalkan karena sadar akun saya dipakai seller bodong saya langsung ganti password dan email,tgl 15 diket.pesanan saya “pengembalian dana anda masih dlm proses”.dr lazada ko g ada perubahan,saya kemudian lapor lewat live cat, Alhamdulillah di respon baik tp tgl 20 sy dpt email dr lazada ktnya pengembalian dana saya sudah tidak bisa dikembalikan Krn sudah di proses oleh seller td,sy lapor lazada lagi dong masa g masuk ke rek.yg sy simpan di akun,Krn masih merasa tidk ada perubahan saya minta akun lazada saya diblokir aja,tgl 26 akun saya udah resmi di blokir tp lucunya kemarin sy dpt email LG dr lazada katanya pengembalian dana saya sudah diproses ke rek.saya,lah gimana cara ngurusnya yah…akun udah diblokir…

      Reply
  4. author

    Agus Romli3 months ago

    Lazada : Dana saya yang dibatalkan oknum penjual TV QLED Samsung 55 inci tolong dikembalikan

    Reply
  5. author

    Agus Romli3 months ago

    Tolong dilacak mengenai pengembalian dana saya yang dibatalkan oknum penjual QLED TV Samsung 55 inci belum masuk ke Lazada Kredit sampai hari ini terhitung sudah 1 bulan

    Reply
    • author
      Author

      Dede Nandang3 months ago

      Gimana ceeritanya gan apakah di bajak juga, kasusnya gimana

      Reply
  6. author

    Agus Romli3 months ago

    Bagaimana cara aktivasi lazada kredit yang sudah dibajak oknum penjual di lazada

    Reply

Leave a Reply